INDONESIAN EFL LEARNERS’ PERCEPTIONS TOWARD THE PRACTICE OF GRAMMAR NAZIS ON SOCIAL MEDIA TWITTER

RETNO AYU FITRIANI, 12510194011 (2022) INDONESIAN EFL LEARNERS’ PERCEPTIONS TOWARD THE PRACTICE OF GRAMMAR NAZIS ON SOCIAL MEDIA TWITTER. [ Thesis ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)

Abstract

Fitriani, Retno Ayu. Nomor Mahasiswa 12510194011. 2021. Persepsi Pelajar EFL Indonesia Terhadap Praktik Grammar Nazis di Media Sosial Twitter. Thesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Program Magister. Universitas Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Susanto, M.Pd. dan Dr. Ida Isnawati, M.Pd. Kata kunci: fenomena Grammar Nazi, persepsi, pelajar Indonesia, bahasa Inggris sebagai bahasa asing Saat ini, situs jejaring sosial telah menjadi sarana komunikasi yang paling populer. Karena akses yang paling mudah dalam memberikan komentar, pembelajar bahasa dapat menggunakan Twitter untuk melatih keterampilan mereka dalam menulis bahasa dengan tujuan untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna lain. Oleh karena itu, selama melatih kemampuan bahasanya, pembelajar mungkin menerima kritik terhadap kemampuan bahasanya oleh beberapa orang yang dimaksudkan untuk mengoreksi kesalahan bahasa orang lain. Orang-orang ini dikenal sebagai Grammar Nazis yang sengaja memberikan koreksi atas kesalahan bahasa orang lain. Tindakan Grammar Nazi dapat membantu pelajar yang membutuhkan umpan balik mereka, sementara itu juga dapat mempermalukan atau menghina seseorang yang tidak suka dikoreksi oleh orang asing. Penelitian ini bertujuan untuk memvisualisasikan persepsi pembelajar EFL Indonesia terhadap praktik Grammar Nazis, dan untuk mengetahui kebaikan dan keburukan praktik Grammar Nazis terhadap minat belajar pembelajar EFL Indonesia dan penggunaan bahasa Inggris di media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah desain survei kuantitatif dengan data wawancara. Data penelitian ini berupa angket, dan berupa wawancara. Kuesioner dikumpulkan secara online, sedangkan wawancara dilakukan melalui wawancara mendalam secara online dan offline. Data yang terkumpul dihitung, ditranskripsikan, diseleksi, dan difokuskan pada data yang mengacu pada masalah penelitian. Data kuantitatif terpilih dianalisis menggunakan SPSS 24.0 untuk mendapatkan rerata skor, frekuensi, dan persentase. Sedangkan data wawancara berupa deskripsi, kemudian dianalisis dengan menggunakan teori Acosta & Acosta (2017). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pembelajar EFL Indonesia memiliki persepsi positif terhadap praktik Grammar Nazi di media sosial Twitter. Peserta didik menggunakan kritik atau umpan balik korektif dari Grammar Nazi sebagai motivasi untuk belajar dan melatih keterampilan mereka dalam menggunakan bahasa Inggris. Kebaikan Grammar nazi adalah dalam berbagi pengetahuan dengan memberikan umpan balik korektif untuk orang lain, dan peserta didik menganggap ini sebagai sumber belajar baru yang dapat digunakan di luar buku teks atau sekolah. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pembelajar EFL Indonesia yang menerima kritik korektif dari Grammar Nazi di media sosial menyadari dan menerima tindakan tersebut sebagai bagian dari pembelajaran bahasa Inggris secara nyata.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S2 12510194011 Retno Ayu Fitriani
Date Deposited: 26 Sep 2022 08:42
Last Modified: 26 Sep 2022 08:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30929

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item