INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBANGUN TOLERANSI KEBERAGAMAN BUDAYA DAN AGAMA PADA MASYARAKAT DESA TROWULAN MOJOKERTO

CHUSNUL MA'IDAH, 12201183407 (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBANGUN TOLERANSI KEBERAGAMAN BUDAYA DAN AGAMA PADA MASYARAKAT DESA TROWULAN MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (599kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (827kB)

Abstract

Skripsi dengan judul Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Membangun Toleransi Keberagaman Budaya Dan Agama Pada Masyarakat Desa Trowulan Mojokerto. Chusnul Ma’idah, NIM. 12201183407. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing: Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci: Internalisasi, Multikultural, Toleransi. Indonesia dikenal sebagai Negara yang memiliki masyarakat majemuk. Kemajemukan ini dapat dilihat dari keanekaragaman agama, budaya, suku bangsa, dan bahasa. Seperti halnya di Desa Trowulan Mojokerto yang masih melestarikan adat istiadat nenek moyang pada zaman Kerajaan Majapahit hingga sekarang. Masyarakat Desa Trowulan Mojokerto bersama pemerintah desa bekerja sama menjaga kerukunan seluruh masyarakat dengan menginternalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam membangun toleransi keberagaman budaya dan agama pada masyarakat Desa Trowulan Mojokerto. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana proses, (2) bagaimana hambatan, (3) bagaimana implikasi internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam membangun toleransi keberagaman budaya dan agama pada masyarakat desa Trowulan Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan, (2) untuk menjelaskan hambatan, (3) untuk mendeskripsikan implikasi dari pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam membangun toleransi keberagaman budaya dan agama pada masyarakat desa Trowulan Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu perangkat pemerintah desa, tokoh masyarakat, dan masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara secara terstruktur, semistruktur dan tidak terstruktur, serta dokumentasi. Analisis data dimulai dari analisis sebelum dilapangan, analisis selama dilapangan, pengumpulan data, reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian, pertama, untuk melaksanakan proses internalisasi nilainilai pendidikan multikultural dilakukan melalui tiga tahap, antara lain nilai yang ditanamkan, cara atau metode yang digunakan serta tahapan dari proses internalisasi. Kedua, hambatan internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural terbagi menjadi dua yaitu hambatan internal seperti minimnya rasa toleransi serta tenggang rasa, minimnya keadaan sosial-agama, terjadinya segmentasi oleh kelompok dengan kepercayaan yang berbeda, dan kurangnya pengembangan consensus terhadap nilai-nilai sosial. Sedangkan hambatan eksternal seperti kurangnya sarana prasarana bagi kelangsungan ibadah kepercayaan lain. Ketiga, implikasi internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural salah satunya yaitu melalui pergaulan, menjunjung tinggi nilai toleransi dan solidaritas yang tinggi, nilai tolong menolong dan nilai kesetaraan antar kelompok atau golongan, nilai demokrasi,serta nilai partisipasi aktif dalam keikut sertaan kegiatan adat istiadat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183407 CHUSNUL MA'IDAH
Date Deposited: 28 Sep 2022 01:46
Last Modified: 28 Sep 2022 01:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30944

Actions (login required)

View Item View Item