PENGEMBANGAN MEDIA DOMATIK (LUDO TEMATIK) BERBASIS HOTS (Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Tema 6 Kelas V Di MIS Roudlotut Tholabah Kolak Ngadiluwih Kabupaten Kediri dan MI Roudlotul Mubtadiin Jiwut Nglegok Kabupaten Blitar)

ANDRI ANI BAHAR ILMI, 128505203002 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA DOMATIK (LUDO TEMATIK) BERBASIS HOTS (Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Tema 6 Kelas V Di MIS Roudlotut Tholabah Kolak Ngadiluwih Kabupaten Kediri dan MI Roudlotul Mubtadiin Jiwut Nglegok Kabupaten Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis Dengan Judul “Pengembangan Media Domatik (Ludo Tematik) Berbasis HOTS (Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Tema 6 Kelas V di MIS Roudlotut Tholabah Kolak Ngadiluwih Kabupaten Kediri dan MI Roudlotul Mubtadiin Jiwut Nglegok Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh Andri Ani Bahar Ilmi, dibimbing oleh Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Berbasis HOTS, Hasil Belajar Siswa, Tematik Pengembangan media pembelajaran domatik ini didasarkan pada observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti yang menemukan bahwa media pembelajaran yang ada di sekolah masih kurang, sehingga daya minat belajar siswa berkurang karena cepat bosan sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan terutama pada pembiasaan evaluasi soal HOTS seperti yang dicanangkan pemerintah dalam kurikulum 2013. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui desain media Domatik (Ludo Tematik) berbasis HOTS dalam meningkatkan hasil belajar Tema 6 Kelas V (2) mengetahui kelayakan media Domatik (Ludo Tematik) berbasis HOTS dalam meningkatkan hasil belajar Tema 6 Kelas V (3) mengetahui implementasi media Domatik (Ludo Tematik) berbasis HOTS dalam meningkatkan hasil belajar Tema 6 Kelas V (4) mengetahui efektivitas media Domatik (Ludo Tematik) dalam meningkatkan hasil belajar tema 6 kelas V. Pendekatan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan oleh tim puslitjaknov diantaranya (1) Analisis kebutuhan, (2) Desain produk awal, (3) Validasi ahli dan revisi, (4) Uji coba skala kecil dan revisi, (5) Uji coba lapangan dan produk akhir. Subjek penelitian ini menggunakan 2 sekolah yaitu di MI Roudlotut Tholabah Kolak Ngadiluwih Kediri dan MI Roudlotul Mubtadiin Jiwut Nglegok Blitar Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil (1) Media yang diharapkan guru dan siswa adalah media yang menarik serta yang mendukung pembelajaran. Media domatik ini berupa media cetak berupa game learning dengan dilengkapi card materi dan card soal basis HOTS (2) Hasil validasi produk oleh 3 ahli media rata-rata sebesar 90,5%. Uji validasi dari ahli materi diperoleh penilaian dari 3 validator rata�rata sebesar 91,7% dengan hasil presentase sangat layak. (3) Implementasi media domatik dilakukan 2-4 orang peserta didik. Dalam penggunaan media domatik terdapat materi dan soal basis HOTS sesuai dengan materi tema 6 kelas V dengan guru sebagai koektor dan fasiliator dalam pembelajaran. (4) Berdasarkan perhitungan independent sample t-test diperoleh nilai sig (two-tailed) sebesar 0,000 yang menunjukkan nilai sig (two-tailed) < sig level (0,000 < 0,05) sehingga data tersebut memiliki perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: Bahar Ilmi Andri Ani
Date Deposited: 28 Sep 2022 06:49
Last Modified: 28 Sep 2022 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30997

Actions (login required)

View Item View Item