STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK DI SDN TENGGUR TULUNGAGUNG

HAFISIA RIZKI AMANDA PUTRI, 12201183306 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK DI SDN TENGGUR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (675kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran PAI Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik di SDN Tenggur Tulungagung” ini ditulis oleh Hafisia Rizki Amanda Putri, NIM 12201183306. Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M. Ag. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran PAI, Karakter, Disiplin, Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa tingkat disiplin pada siswa mengalami penurunan. Utamanya pada masa sekolah dasar. Pendidikan karakter saat ini menjadi masalah utama pendidikan. Dalam hal ini, keterkaitan antara masalah disiplin dengan karakter siswa perlu ditanamkan pada peserta didik. Dalam pembentukan karakter, guru pendidikan agama Islam perlu strategi yang akan dilakukan.Dengan adanya strategi tersebut diharapkan karakter disiplin siswa dapat mengalami perkembangan secara signifikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik di SDN Tenggur Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik di SDN Tenggur Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik di SDN Tenggur Tulungagung? Tujuan fokus penelitian dari fokus penelitian di atas adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik di SDN Tenggur Tulungagung. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik di SDN Tenggur Tulungagung. (3) Untuk mengetahui evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik di SDN Tenggur Tulungagung. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap-tahap analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan guru PAI dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik di SDN Tenggur Tulungagung, yaitu: a) pemberian program khusus seperti pembiasaan b) kegiatan sosialisasi kepala sekolah dengan guru c) pemberian buku tata tertib pada peserta didik. (2) Pelaksanaan guru PAI dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik di SDN Tenggur , yaitu: a) melalui pemberian wejangan pada peserta didik b) kegiatan di luar jam pembelajaran yakni ekstrakurikuler, peringatan hari besar (3) Evaluasi guru PAI dalam menanamkan karakter disiplin SDN Tenggur, sebelum melakukan sebuah evaluasi perlunya memperhatikan faktor prndukung dan faktor penghambat: a) faktor penghambat dari penanaman karakter berasal dari keterbatasan waktu b) penilaian siswa yang masih di bawah KKM, diadakanya perbaikan atau remidi c) faktor pendukung dari penanaman karakter berasal dari kesadaran siswa dan bekerja sama dengan orang tua peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Kebudayaan Islam
Pendidikan Islam
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183306 Hafisia Rizki Amanda Putri
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:15
Last Modified: 28 Sep 2022 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31001

Available Versions of this Item

  • STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK DI SDN TENGGUR TULUNGAGUNG. (deposited 28 Sep 2022 07:15) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item