NAILY SA'ADAH RISQIANA, 12201183261 (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (393kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (422kB) | Preview |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
Text
BAB VI .pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di SMPN 2 Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Naily Sa’adah Risqiana, NIM 12201183261, Pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci : Pembentukan Karakter, Kegiatan Keagamaan Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh mulai merosortnya karakter peserta didik dampak dari arus globalisasi, kurang membentuknya moral yang baik, adab dan sopan santun terhadap orang yang lebih tua mulai tidak diterapkan, selain itu juga mudahnya meninggalkan kewajibannya sebagai pelajar dan sebagai muslim. Hal ini, peneliti menghubungkan bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan Istighosah?, (2) Bagaimana Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan Infaq?, (3) Bagaiamana Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Sholat Berjamaah?. Adapun tujuan peneliti adalah : (1) untuk memaparkan Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan Istighosah, (2) untuk memaparkan Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan Infaq, (3) untuk memaparkan Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan Sholat Berjamaah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMPN 2 Kademangan, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara semi terstruktural, dan dokumentasi. Dalam mengananlisis data mnggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan pengamantan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan istighosah dapat tercipta kedisiplinan. Metode yang dilakukan oleh guru dalam membentuk karakter religius dengan cara memberi keteladanan dan hukuman. Karakter religius yang nampak adalah peserta didik mengetahui wirid dan doa-doa yang dapat diaplikasikan di masyarakat. (2) pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan infaq dapat melatih peserta didik memiliki sikap sosial dan peduli terhadap sesama. Metode yang digunakan guru agar peserta didik memiliki semangat dalam berinfaq ialah dengan memberikan motivasi dan nasihat. (3) pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan sholat berjamaah dapat membentuk karakter berani dan tanggung jawab. Sebab metode yang digunakan oleh guru menunjuk peserta didik menjadi imam dalam pelaksanaanya.lingkungan sekolah yang kondusif dan mendukung dapat mempengaruhi kereligiusan peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183261 Naily Sr |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 05:37 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 05:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31037 |
Actions (login required)
View Item |