STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI MINAT BACA SISWA KELAS RENDAH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NUR LAILY FEBRIANI, 12205173044 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI MINAT BACA SISWA KELAS RENDAH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Laily Febriani, 12205173044, Strategi Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Minat Baca Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing : H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Minat Baca Bahasa Indonesia Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya strategi guru dalam menumbuhkan motivasi minat membaca siswa khususnya pada mata pelajaran bahasa indonesia. Tidak semua siswa memiliki minat membaca yang baik atau tinggi khususnya pada mata pelajaran bahasa indonesia yang terkesan terlalu banyak bacaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam menumbuhkan motivasi minat baca siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Nurul islam Sumbergempol Tulungagung?, 2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam emnumbuhkan motivasi minat baca siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam menumbuhkan motivasi minat baca siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuannya menggunakan ketekunan pengamatan, pemeriksaaan dengan teman sejawat, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) perencanaan strategi guru dalam menumbuhkan motivasi minat baca siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia yaitu: siswa yang lulus atau keluar dari madrasah harus menyumbangkan sebuah buku di madrasah yang nantinya dapat digunakan untuk dibaca adik-adik kelas mereka, kemudian guru kelas I dalam perencanaannya guru memperkenalkan buku-buku yang menarik ke siswa, bukan hanya buku pelajaran saja, akan tetapi buku yang menarik seperti buku cerita, komik, dan buku bergambar lainnya yang menarik bagi siswa dan memberinya dorongan atau perkataan yang memotivasi siswa. Selain itu dalam perencanaanya guru kelas II dalam pembelajaran dikelas guru merencanakan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dalam pembelajaran di kelas guna untuk menumbuhkan motivasi minat baca siswa. 2) Pelaksanaan strategi guru dalam menumbuhkan motivasi minat baca siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia yaitu: Pelaksanaan strategi guru kelas I dalam proses menumbuhkan motivasi minat baca siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia guru menunjukkan secara langsung buku-buku yang menarik buku-buku yang lucu ke siswa seperti buku cerita anak, komik bergambar dan buku dongeng lainnya. Kemudian strategi yang dilaksanakan oleh guru kelas II berupa strategi ekspositori yang pertama dengan melakukan persiapan (guru menyiapkan ssiwa agar siswa mampu menerima materi pembelajaran dengan baik), kedua penyajian (guru menyajikan atau menyampaikan materi pembelajaran), yang ketiga korelasi atau penghubungan (guru menghubungkan materi dengan pengalaman siswa), krmudian yang keempat menyimpulkan (guru menyuruh siswa untuk menyimpulkan materi yang sedang dipelajari), dan yang terakhir mengaplikasikan (siswa disuruh maju untuk mengaplikasikan hasil dari bacaan mereka). 3) Evaluasi strategi guru dalam menumbuhkan motivasi minat baca siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia yaitu: Dalam pelaksanaan strategi-strategi yang telah dilaksanakan oleh guru kelas I dalam kegiatannya buku yang dipakai masih kurang memadai, sehingga guru hanya memperkenalkan buku-buku itu saja dan siswa masih belum terbiasa untuk membaca dan masih minimnya buku yang menarik bagi mereka, sehingga siswa masih banyak yang kurang respon dalam membaca, dalam pelaksanaan strategi-strategi yang telah dilaksanakan oleh guru kelas II dalam kegiatannya menggunakan strategi ekspositori ini sebelum guru menggunakan strategi ekspositori ini terdapat siswa yang masih belum bisa membaca, dan masih terdapat siswa yang dalam membacanya masih mengeja, banyak siswa yang masih kurang memperhatikan, setelah diterapkannya strategi pembelajaran ekspositori siswa lumayan fokus memperhatikan pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sedikit demi sedikit siswa mau untuk membaca, serta strategi tersebut cocok untuk diterapkan oleh guru guna untuk menumbuhkan motivasi minat baca siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173044 NUR LAILY FEBRIANI
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:08
Last Modified: 03 Oct 2022 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31041

Actions (login required)

View Item View Item