RAKA ANGGUN PRASETYA, 12402173673 (2022) PERAN GAME ONLINE DALAM PENINGKATAN EKONOMI TULUNGAGUNG (Studi Kasus Maraknya Game Online Mobile legends di Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (421kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (988kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Game Online Dalam Peningkatan Ekonomi Tulungagung (Studi Kasus Maraknya Game Online Mobile legends di Tulungagung),” ditulis oleh Raka Anggun Prasetya, NIM. 12402173673, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Lativa Hartiningtyas, M. Pd. Mobile Legends menjadi salah satu game yang digemari dalam berbagai kalangan, khususnya dari kalangan generasi milenial. Game ini yang merupakan wahana bermain namun disisi lain memiliki nilaiekonomis, yang juga menghasilkan nominal. Maka dari itu, penulis mengkaji dampak Mobile Legends dalam sektor ekonomi. Khususnya dalam penelitian ini mengkaji dampak positif Mobile Legends bagi masyarakat Kabupaten Tulungagung. Selain itu, pada sisi lain dalam kajian ini yaitu bagaimana ketentuan ekonomi syariah dalam memberikan batasan terkait objek dan subjek jual beli dalam game Mobile Legends. Fokus dalam penelitian ini: 1) Bagaimana peran permainan online dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat Tulungagung ?, 2) Apa saja faktor yang memengaruhi permainan online dalam peningkatan perekonomian masyarakat Tulungagung ?, 3) Bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap laba yang diperolah dari hasil tranksasi permainan online di Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, yaitu penelitian kualitatif deskriptif yaitu riset yang dilaksanakan untuk mencari fakta yang sebenarnya kemudian data tersebut diolah dan dideskripsikan tentang dampak game online dalam peningkatan perekonomian di Tulungagung. Pengumpulan data dalam penelitian ini, dengan menggunakan teknik wawancara, serta didukung dengan observasi dan dokumentasi. Sementara untuk pengambilan informan dipilih dengan model purposive sampling maka jumlahnya dapat ditentukan ketika penelitian berjalan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menurut Miles dan Huberman, meliputi: reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam skripsi ini dilakukan dengan, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, hingga diskusi dengan teman sejawat. Hasil dalam penelitian ini, yiatu: 1) Permainan online telah diakui oleh pemerintah melalui Perpres Nomor 72 tahun 2015 tentang ekonomi kreatif pada sub bab tentang game developer (pengembang game), di Tulungagung meski belum menjadi ekonomi dengan hasil yang besar, namun sangat berpotensi. Terbukti dengan adanya traksaksi jual beli game online, baik item atau akun, yangdilakukan melalui komunitas atau individual. 2) Beberapa faktor menjadi pengaruh dalam perkembangan game online di Tulungagung, diantaranya yaitu: adanya komunitas sebagai wadah, adanya pasar konvensioanl melalui traksasi secara langsung / COD (Cash on Delivery), keberadaan sosial media sebagai pasal aktif. Perkembangan permainan online dalam ranah ekonomi di Tulungagung, faktor eksternal atau lebih ke keberadaan pasar menjadi faktor pendukung. 3) Berkaitan dengan penelitian ini, proses jual beli yang sah dalam perspektif ekonomi islam. Game yang menghasilkan manfaat dan itu tidak dilarang oleh agama, dari berbagai tahapan hingga penjualan maka itu tidak menjadi masalah. Jika dampak yang dimunculkan dari sebuah game tersebut condong kearah negatif maka permainan atau game tersebut harus dijauhi dan dinyatakan dilarang. Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Era Milenial, Game online Mobile Legends
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S1 12402173673 Raka Anggun Prasetya |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 05:32 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 05:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31048 |
Actions (login required)
View Item |