PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON OLEH GURU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEDATANGAN BANGSA BARAT KE INDONESIA (Studi Kasus Siswa Kelas VIII B MTs Miftahul Ulum Lodoyo Blitar)

AYU WULAN SEPTIANI, 12209173060 (2022) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON OLEH GURU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEDATANGAN BANGSA BARAT KE INDONESIA (Studi Kasus Siswa Kelas VIII B MTs Miftahul Ulum Lodoyo Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan media pembelajaran powtoon oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia (studi kasus siswa kelas VIII B MTs Miftahul Ulum Lodoyo)” ini ditulis oleh Ayu Wulan Septiani, NIM 12209173060, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, dengan dibimbing oleh Dr. Luluk Indarti, M. Pd. I Kata Kunci: Mata Pelajaran IPS, Media Powtoon, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang pasif dan kurang berkosentrasi saat proses pembelajaran IPS di kelas, padahal mata pelajaran IPS banyak berisi materi-materi tentang peristiwa-peristiwa sejarah yang harus dihafal dan dipahami peserta didik. banyak peserta didik yang kurang berkonsentrasi menyebabkan peserta didik sulit memahami materi yang diberikan guru, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan guru memilih dan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Pada saat ini pesatnya perkembangan teknologi yang menghasilkan beragam aplikasi yang dapat dimanfaatkan guru sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang guru dalam proses pembelajaran di kelas. Untuk itu peneliti melakukan pengamatan penggunaan media pembelajaran powtoon oleh guru untuk melihat perkembangan hasil belajar peserta didik dalam penguasaan materi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan (1) Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran powtoon oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia (2) Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran powtoon oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi interaksi sosial (3) Untuk mengetahui dampak penggunaan media pembelajaran powtoon oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Miftahul Ulum Lodoyo. Subjek dari penelitian ini yaitu guru mata pelajaran IPS dan peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Ulum Lodoyo, instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) penggunaan media pembelajaran powtoon saat mata pelajaran IPS materi latar belakang masuknya bangsa Barat ke Indonesia di kelas VIII B MTs Miftahul Ulum Lodoyo dapat diketahui dengan perencanaan berupa RPP, pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan, media pembelajaran yang digunakan adalah media video powtoon selanjutnya pelaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media powtoon yang telah disiapkan. Penggunaan media video powtoon saat pembelajaran cukup efektif dan mendapat respon positif dari peserta didik (2) Penggunaan media video powtoon juga termasuk media pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran daring maupun tatap muka. Pada saat pembelajaran daring, dengan menggunakan media powtoon tersebut materi dapat dibuat dengan efek-efek animasi kartun yang menarik juga terdapat template-template, gambar serta fitur-fitur yang dapat digunakan guru untuk membuat materi pelajaran lebih menarik. (3) Dampak penggunakan media video powtoon untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B di MTs Miftahul Ulum Lodoyo dapat dilhat dari hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penggunakan media video powtoon. Sebelum menggunakan media video powtoon masih banyak nilai ulangan harian peserta didk yang masih berada dibawah KKM, nilai dibawah KKM terdapat 12 peserta didik, Sedangkan setelah menggunakan media video powtoon seluruh peserta didik mendapatkan nilai diatas KKM.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209173060 AYU WULAN SEPTIANI
Date Deposited: 03 Oct 2022 05:41
Last Modified: 03 Oct 2022 05:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31051

Actions (login required)

View Item View Item