KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (Studi Kasus di Madrasah ‘Aliyah Negeri (MAN) 1 Tulungagung)

M. HUSEINNURDIANSYAH, 12501194019 (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (Studi Kasus di Madrasah ‘Aliyah Negeri (MAN) 1 Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah adalah cara atau usaha kepala madrasah dalam memengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan dan menggerakkan guru, staf, siswa, orang tua siswa, dan pihak lain yang terkait untuk bekerja, berperan serta guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru pada masa pandemi covid-19 merupakan usaha kepala madrasah dalam rangka mempengaruhi, menggerakkan, memotivasi dan memberdayaan para guru untuk meningkatkan kompetensi kompetensinya, yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional, dimasa penyeberan virus yang menyebar secara luas dengan skala cepat yang terjadi pada tahun 2019 lalu hingga sekarang. Fokus penelitian pada tesis ini; 1) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Tulungagung?, 2) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Tulungagung?, 3) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Tulungagung?, 4) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Tulungagung, 2) Mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Tulungagung, 3) Mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru pada masa pandemi covid 19 di MAN 1 Tulungagung, 4) Mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini di MAN 1 Tulungagung. Data penelitian ini adalah kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, kompetensi kepribadian guru, kompetensi sosial guru dan kompetensi profesional guru pada masa pandemi covid-19, sementara sumber data diperoleh dari responden seperti: kepalasekolah, guru dan waka kurikulum, waka sarpras, waka humas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakanreduksi data, kategorisasi, sintensisasi dan menyusun hipotesis kerja. Dan pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik triagulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Kompetensi pedagogik guru ditingkatkan dengan cara menugaskansetiap guru untuk mengikuti organisasi keguruan, workshop kependidikan dan pemberian penghargaan(reward) bagi para guru yang berprestasi di lembagapendidikan, 2) Kompetensi kepribadian guru ditingkatkan melalui himbauan kepala madrasah saat rapat melalui google zoom agar setiap guru bersikap sesuai norma agama, norma negara dan masyarakat, mengedepankan akhlaqul karimah, bersikap sopan santun, ramah, jujur dan disiplin dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya, 3) Kompetensi sosial guru ditingkatkan dengan cara menjalin hubungan erat dan hubungan baik diantara para guru, murid dan masyarakat, mengadakan perekrutan, penyeleksian dan pemilihan calon guru yang dilakukansecaraselektif, komunikatif, berbahasa santun dan mampu menjalankan tugas di berbagai lingkungan dan budaya masing-masing lembaga pendidikan, 4) Kompetensi profesional guru ditingkatkan dengan cara mengadakan pembinaan dan pelatihan di dalam madrasah serta menugaskan para guru untuk mengikuti kegiatan pembinaan dan pelatihan di luar madrasah dan memberi indentif gaji dan tunjangan-tunjangan di luar gaji guru untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Kata Kunci:Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kompetensi Guru, Masa Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501194019 M. HUSEINNURDIANSYAH
Date Deposited: 22 Nov 2022 10:32
Last Modified: 22 Nov 2022 10:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31080

Actions (login required)

View Item View Item