MANAJEMEN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Multisitus di SDIT Bina Insani Kediri dan SDN Bandar Kidul 2 Kediri)

NURUL WIDAYATI, 128505203022 (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Multisitus di SDIT Bina Insani Kediri dan SDN Bandar Kidul 2 Kediri). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siwa Berkebutuhan Khusus” (Studi Multisitus di SDIT Bina Insani Kediri dan SDN Bandar Kidul 2 Kediri) ini ditulis oleh Nurul Widayati dengan pembimbing Prof. Dr. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd dan Dr. Nur Efendi, M.Ag Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh, Siswa Berkebutuhan Khusus, Motivasi Belajar. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh fenomena penurunan motivasi belajar siswa saat pembelajaran jarak jauh. Penurunan motivasi tersebut diakibatkan adanya program pembatasan kegiatan masyarakat. Pembelajaranpun tidak dapat dilaksanakan secara langsung di kelas. Oleh karenanya pembelajaran dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran tanpa adanya tatap muka ini dapat menimbulkan kejenuhan dalam belajar dan terjadi penuruna motivasi. Guru dan orangtua merupakan aktor yang sangat berpengaruh dalam suksesnya pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya manajemen yang baik antara keduanya kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan motivasi siswa berkebutuhan khusus tersebut jadi meningkat. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus? (3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multisitus dengan situs SDIT Bina Insani Kediri dan SDN Bandar Kidul 2 Kediri. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran dalam peningkatan motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus di SDIT Bina Insani dan SDN Bandar Kidul 2 terbagi menjadi tiga yaitu, mencakup pembuatan perangkat pembelajaran terutama program pembelajaran individual yang berisikan hasil diagnosis siswa berkebutuhan khusus, menyiapkan sumber belajar berupa memilih dan mengembangkan materi yang akan disampaikan saat pembelajaran jarak jauh, menyiapkan media pembelajaran yang di sesuaikan dengan materi dan kebutuhan. (2) pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus di SDIT Bina Insani Lirboyo dan SDN Bandar Kidul 2 yaitu dengan melaksanakan seluruh perencanaan pembelajaran serta memotivasi siswa agar lebih semangat dalam menjalani kegiatan pembelajaran jarak jauh, guru sesekali melakukan home visit sebagai upaya memantau perkembangan belajar siswa berkebutuhan khusus selama pembelajaran di rumah. (3) evaluasi pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus di SDIT Bina Insani Lirboyo dan SDN Bandar Kidul yaitu dengan melakukan kontrol belajar terhadap hasil pembelajaran, guru melakukan evaluasi proses berupa pengamatan yang digunakan untuk mengukur keaktifan, antusias dan keterlibatan siswa di saat pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya siswa yang telah mencapai KKM 70 dengan presentase di situs SDIT Bina Insani 85% dari 14 siswa berkebutuhan khusus dan situs SDN Bandar Kidul 2 mencapai 90% dari 5 siswa berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > ABK
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Sekolah Inklusi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 128505203022 Nurul Widayati
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:38
Last Modified: 05 Oct 2022 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31099

Actions (login required)

View Item View Item