PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION BERBASIS WHATSAPP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 2 GANDUSARI TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2020/2021

KHOIRUNNISAK NURROSIDA, 12204173266 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION BERBASIS WHATSAPP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 2 GANDUSARI TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (644kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Berbasis Whatsapp terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Gandusari Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Khoirunnisak Nurrosida dengan NIM 12204173266, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction, Whatsapp, Kemampuan Pemahaman Konsep. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep pada pelajaran matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah pemilihan model pembelajaran yang sering kali tidak sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan pemahaman siswa. Dalam hal ini, guru memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran terutama pada pemilihan model pembelajaran yang harus dapat diterapkan pada seluruh tingkat kemampuan pemahaman siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam permasalahan ini adalah model pembelajaran aptitude treatment interaction. Model pembelajaran aptitude treatment interaction merupakan strategi pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa, yakni tindakan pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan awal siswa. Selain itu, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran di era ini adalah aplikasi whatsapp. Aplikasi whatsapp merupakan media pembelajaran online yang mudah di akses oleh siswa dan dapat digunakan dimanapun tempatnya dengan menggunakan data internet. Dengan model pembelajaran aptitude treatment interaction berbasis whatsapp diharapkan kemampuan pemahaman siswa dapat meningkat dan pelaksanaan pembelajaran dapat berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran aptitude treatment interaction berbasis whatsapp terhadap pemahaman konsep bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Gandusari Trenggalek tahun 2020/2021, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran aptitude treatment interaction berbasis whatsapp terhadap pemahaman konsep bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Gandusari Trenggalek tahun 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yaitu Quasi Experimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Gandusari Trenggalek yang berjumlah 50 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran aptitude treatment interaction dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu 1) tes dengan menggunakan 5 soal uraian materi bangun ruang sisi datar, 2) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan jenis uji Independent Sample t dan formula effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran aptitude treatment interaction berbasis whatsapp terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Gandusari Trenggalek tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji Independent Sample t yang menunjukkan nilai sig (probabilitas) 0.135>0.05. Berdasarkan perhitungan formula effect size diperoleh bahwa besar pengaruh model pembelajaran aptitude treatment interaction berbantuan whatsapp terhadap pemahaman konsep bangun ruang sisi datar sebesar 0.112. Sesuai dengan kriteria pengujian dari effect size maka efek yang diberikan sebesar 11.20% atau effect size tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Khoirunnisak Nurrosida
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:35
Last Modified: 20 Feb 2023 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31118

Actions (login required)

View Item View Item