استخدام الطريقة الإتصالية في تعليم اللغة العربية لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية المعارف نهضة العلماء باليتار

ACHMAD SHODIKIN SHOLEH, 12202183083 (2022) استخدام الطريقة الإتصالية في تعليم اللغة العربية لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية المعارف نهضة العلماء باليتار. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (728kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (546kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB)

Abstract

Belajar bahasa membutuhkan strategi-strategi pembelajaran yang tepat. Mulai dari pendekatan, metode, dan tehniknya. Salah satu metode yang digunakan di salah satu sekolah yakni MTs Maarif NU Kota Blitar membuat peneliti tertarik dimana metode tersebut memfokuskan pada kemampuan berbahasa serta aspek komunikatif dari peserta didik, metode komunikatif menjadi alternatif terbaik untuk pembelajaran Bahasa arab, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui penerapan metode komunikatif dan media pendukung yang digunakan pada pembelajaran Bahasa arab di MTs Maarif NU Kota Blitar Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan model penerapan metode komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Maarif NU Kota Blitar, dan 2) mengetahui media pendukung metode komunikatif yang sering digunakan oleh guru di dalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif fenomenologi. Pengambilan data diperoleh melalui observasi kelas, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan penyebaran angket yang disebarkan kepada peserta didik. Kegiatan observasi dilakukan di dalam kelas dengan mengamati pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung dan wawancara dengan guru dan wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana. Data dokumentasi berisikan kegiatan di dalam kelas, catatan lapangan yang mendeskripsikan kegiatan yang diselenggarakan, dan silabus juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang digunakan guru. Angket diberikan kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan metode komunikatif dengan strategi pelengkapnya menggunakan strategi pembelajaran guided reading, pemecahan masalah dan demonstrasi. Guru tetap memperhatikan kecocokan penggunaan metode maupun strategi pada setiap kondisi kelas dalam pelaksanaan pembelajaran yang akan dilakukan. media pendukung metode komunikatif yang digunakan guru meliputi penggunaan power point, bernyanyi dengan alat musik, kertas bergambar untuk diperlihatkan pada peserta didik, dan kertas origami untuk membuat berbagai macam bentuk dan menjadikannya jembatan memperjelas kode nama wilayah untuk mempelajari peta Arab. Kata Kunci : Penerapan metode komunikatif, Pembelajaran Bahasa Arab, MTs Maarif NU Kota Blitar

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202183083 ACHMAD SHODIKIN SHOLEH
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:43
Last Modified: 11 Oct 2022 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31120

Actions (login required)

View Item View Item