PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA BAGI SISWA KELAS XI DI MAN 3 BLITAR

AMIN NUR KHOLIFAH, 12208183079 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA BAGI SISWA KELAS XI DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis DiscoveryLearning pada Materi Sistem Koordinasi Manusia dengan Integrasi Nilai-Nilai Keislaman bagi Siswa Kelas XI MAN 3 Blitar” Skripsi Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Universitas Sayyid Ali Rahmatullah ini ditulis oleh Amin Nur Kholifah, NIM 12208183079 , Pembimbing Nanag Purwanto , M.Pd Kata Kunci : Pengembangan E-Modul, E-Modul berbasis Discovery learning, Nilai Keislaman, Materi Sistem Koordinasi Penelitian pengembangan dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh hasil analisis kebutuhan dan wawancara. Ada beberapa siswa yang memiliki minat belajar yang kurang. peserta didik hanya mengunakan satu bahan ajar dalam proses pembelajaran. kurang bervariasinya sumber belajar yang dimiliki peserta didik sehingga dapat mempengaruhi motivasi dan minat peserta didik untuk belajar. Bahan ajar merupakan bahan yang disusun secara sistematis , memuat kompetensi yang akan dikuasai peserta didik. bahan ajar digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan perencanaan dan implementasi pembelajaran. Salah satu bahan ajar adalah e-modul. Pada penelitian ini, peneliti menghubungkan masalah ketersediaan bahan ajar dengan proses pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan pengembangan e-modul berbasis discovery learning pada materi sistem koordinasi manusia dengan integrasi nilai-nilai keislaman untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di MAN 3 Blitar, (2) mendeskripsikan kelayakan isi e-modul berbasis discovery learning pada materi sistem koordinasi manusia dengan integrasi nilai-nilai keislaman untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di MAN 3 Blitar dan (3) mendeskripsikan keefektifan e-modul berbasis discovery learning pada materi sistem koordinasi manusia dengan integrasi nilai-nilai keislaman untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di MAN 3 Blitar. Metode penelitian yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Pada model ADDIE terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahapan Analisis, Perencanaan,Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA , sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan MIPA 2. Desain uji coba dalam penelitian ini adalah tipe desain Quasi Experimental Design dengan bentuk desain the nonequivalent posttest-only control group design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi, dan tes. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Proses penelitian dan pengembangan ini melalui beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan dan kenerja, membuat rancangan berupa storyboard, mengembangkan produk, validasi ahli, pengujian kelompok kecil, uji keterbacaan, uji coba kelompok besar dan revisi akhir. Bahan ajar berbasis discovery learning disusun dengan beberapa komponen , yaitu halaman cover,kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, halaman pendahuluan, petunjuk pengunaan, sintaks discovery learning, peta konsep, kegiatan besar, nilai-nilai keislaman, latihnan, evaluasi , kunci jawaban, glosarium, dan daftar pustaka. 2) Kelayakan produk e- modul diperoleh dari validator ahli materi sebesar 78,1 %. validator media sebesar 94,6% dan validator guru biologi sebesar 95,5 %. 3) Keefektifan produk berdasarkan uji t test menggunakn SPSS 25.0 yang dilakukan kelas eksperimen mendapat rata-rata sebesar 85,57 sedangkan kelas kontrol mendapat 77,0 dan singnifikansi 0,03 sehingga e- modul sistem koordinasi berbasis discovery learning diyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Anatomi
Biologi > Manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183079 Amin Nur Kholifah
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:24
Last Modified: 11 Oct 2022 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31127

Actions (login required)

View Item View Item