PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

ARYANI FITRIANA DEVI, 17204163203 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Aryani Fitriana Devi, NIM. 17204163203, Pembimbing Musrikah,M.Pd Kata Kunci: Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kesulitan anak dalam belajar matematika disebabkan dalam pembelajaran matematika cenderung pasif dan interaksi berpusat pada guru. Pada saat pembelajaran matematika, sebagian besar siswa jarang terlibat untuk mengajukan pertanyaan atau mengutarakan pendapatnya. Serta banyak siswa terlihat malas dan tidak percaya diri ketika mengerjakan soal-soal latihan. Mereka hanya mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa. Team Assisted Individualization (TAI) merupakan model pembelajaran yang memiliki dasar pemikiran yaitu untuk mengadaptasi pembelajaran terhadap perbedaan individual berkaitan dengan kemampuan siswa maupun pencapaian prestasi siswa dengan berbentuk kelompok. Model pembelajaran ini memudahkan siswa untuk belajar dan saling membantu bila ada teman yang kurang memahami dalam materi yang sudah dijelaskan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini, sebagai berikut: (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung?. (2) Berapa besar pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung?. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C dan kelas VII-D. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik dari pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat pada perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 68,28 dan kelas kontrol sebesar 49,34. Dari uji statistik yaitu uji t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai thitung dan ttabel sebesar 3,401 > 2,000 dan Hɑ diterima. Sehingga ada pengaruh model pembelajaran Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung. (2) Besarnya pengaruh pada penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dapat dilihat dari selisih rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 18,94 dengan kriteria interpretasi Effect Size sebesar 0,86 atau menurut tabel Cohen’s memperoleh 79% yang tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163203 ARYANI FITRIANA DEVI
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:32
Last Modified: 11 Oct 2022 01:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31134

Actions (login required)

View Item View Item