THE STUDENTS’ PERCEPTION IN TEACHING WRITING NARRATIVE TEXT USING MANGA STRIPS AT THE TENTH GRADE OF SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK

KRISTI AMALIA SANTI, 12203183191 (2022) THE STUDENTS’ PERCEPTION IN TEACHING WRITING NARRATIVE TEXT USING MANGA STRIPS AT THE TENTH GRADE OF SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Santi, Kristi Amalia. Student Register Number. 12203183191. “The Perception Of Students’ In Teaching Writing Narrative Text Using Manga Strips At Tenth Grade Of Eleventh Sman 1 Durenan” Sarjana Thesis. English Education Department. Faculty of Tarbiyah and Teacher Training. State Islamic University (UIN) of Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati, S.S., M. Pd. Kata Kunci: Persepsi siswa, Manga Strips, Teks Naratif Manga Strips dapat membantu siswa dalam pembelajaran dikarenakan dengan adanya gambar yang bercerita secara runtut sehingga siswa dapat lebih mudah untuk menerima materi yang diberikan. Manga Strips dapat digunakan sebagai media belajar dan latihan seperti dalam hal mempelajari teks naratif dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa mengenai peran media Manga Strips sebagai media dalam pembelajaran teks naratif. Subject dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 di SMAN 1 Durenan Trenggalek. Desain penelitian ini adalah metode campuran. Peneliti menggunakan data kuesioner sebagai data kuantitatif dengan menyebarkannya kepada 72 responden yang ditentukan dengan purposive sampling. Kemudian untuk data kualitatifnya, peneliti menggunakan observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan mengambil informan sebanyak 7 orang yang ditentukan menurut Gay and Diehl (1992:64) dimana dia memilih 10% dari sample untuk dijadikan informan. Peneliti menggunakan statistik deskriptif untuk menganalisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana (2014: 32) yang mendiskripsikan bahwa ada 3 tahap analisis, yaitu kondensasi data, menyajikan data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata siswa memberikan persepsi positif terhadap penggunaan Manga strips sebagai media pembelajaran. Diantaranya, adalah sebagai media yang menarik, mudah digunakan oleh siswa, sebagai media yang mampu meningkatkan motivasi belajar, serta mampu meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Untuk pembelajaran teks naratif, mereka juga memberikan persepsi positif. Diantaranya, mereka menyukai pembelajaran teks naratif menggunakan Manga Strips. Pembelajaran menggunakan manga strips juga dapat menambah pengetahuan tentang grammar dan vocabulary. Menurut argumen peserta, peneliti menyimpulkan bahwa Manga Strips merupakan media yang sesuai dan layak digunakan sebagai media pembelajaran khususnya untuk pembelajaran text naratif dalam pembelajaran bahasa inggris bahasa Inggris siswa. Hasil kuantitatif menunjukkan responden setuju atau mempunyai persepsi yang positif terhadap pembelajaran teks naratif menggunakan manga strips rata rata hasil jawaban dari 72 sebesar 72.20% dengan total skor sebesar 260.08. hasil dari kualitatif berupa interview yang menunjang penelitian kuantitatif berdasarkan tiga komponen berupa memahami cerita menggunakan gambar, pemahaman menulis menggunakan cerita bergmbar dan akurasi bahasa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S1 12203183191 KRISTI AMALIA SANTI
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:54
Last Modified: 11 Oct 2022 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31143

Actions (login required)

View Item View Item