ANALISIS STRUKTUR, CIRI, DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KARANGAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MEILYA TRI WIDIYANINGSIH, 12210173004 (2022) ANALISIS STRUKTUR, CIRI, DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KARANGAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Struktur, Ciri, dan Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Karangan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Meilya Tri Widiyaningsih, NIM 12210173004, pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M. Pd.I. Kata Kunci : Ciri Teks, Kaidah Kebahasaan Teks, Siswa, Struktur Teks, Teks Laporan Hasil Observasi. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang mengharuskan siswanya untuk memiliki keterampilan menulis, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pada kelas X tingkat SMA semester ganjil terdapat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi, hal tersebut tertera pada KD 4.2. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang kegiatan menulis karangan teks laporan hasil observasi siswa kelas X AKL 4 SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan struktur penulisan teks laporan hasil observasi karangan siswa kelas X SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung, 2) Mendeskripsikan ciri penulisan teks laporan hasil observasi karangan siswa kelas X SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung, dan 3) Mendeskripsikan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi karangan siswa kelas X SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari siswa kelas X AKL 4 SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Sedangkan datanya diperoleh dari karangan teks laporan hasil observasi yang telah dibuat oleh siswa tersebut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi yaitu 35 teks laporan hasil karangan siswa. Pernyataan penelitian berdasarkan fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Struktur penulisan teks laporan hasil observasi karangan siswa kelas X SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung, 2) Ciri penulisan teks laporan hasil observasi karangan siswa kelas X SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung, dan 3) Kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi karangan siswa kelas X SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Sedangkan analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan data yang telah peneliti peroleh. Analisis 35 teks laporan hasil observasi karangan siswa, mendapatkan hasil sebagai berikut, 1) 27 teks menggunakan struktur teks secara lengkap (definisi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat), sedangkan 8 teks tidak menggunakan struktur teks secara lengkap, 2) 35 teks laporan hasil observasi sudah memenuhi ciri teks (ditulis secara lengkap dan sempurna, bersifat objektif, dan berdasarkan fakta), dan 3) 18 teks menggunakan kaidah kebahasaan secara lengkap, sedangkan dari 17 teks tidak menggunakan kaidah kebahasaan secara lengkap.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173004 MEILYA TRI WIDIYANINGSIH
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:10
Last Modified: 13 Oct 2022 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31178

Actions (login required)

View Item View Item