DEWI SULISTIANI, 12205183020 (2022) PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS 2 DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (654kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (257kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (269kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran besar terhadap peningkatan kualitas manusia, dapat meningkatkan kecerdasan, keterampilan, maupun kepribadian. Pendidikan dapat terjadi dilingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Keberhasilan dalam pembelajaran dapat dilihat outputnya yaitu hasil belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor internal (dari dalam diri peserta didik) dan faktor eksternal (dari luar peserta didik). Teman sebaya menjadi salah satu faktor eksternal sosial yang mempengaruhi hasil belajar. Selain teman sebaya, faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar adalah motivasi belajar. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa maka peneliti mengajukan penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas 2 di MIN 1 Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas 2 di MIN 1 Tulungagung?, (3) Apakah teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas 2 di MIN 1 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas 2 di MIN 1 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas 2 di MIN 1 Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas 2 di MIN 1 Tulungagung. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Banyaknya sampel pada penelitian ini yaitu 52 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dengan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) nilai thitung sebesar 3,554 lebih besar dari ttabel sebesar 2,009 dan memperoleh nilai sig. sebesar 0,001 lebih kecil dari pada 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teman sebaya mempengaruhi hasil belajar aqidah akhlak kelas 2 di MIN 1 Tulungagung, (2) nilai
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183020 DEWI SULISTIANI |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 01:52 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 01:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31185 |
Actions (login required)
View Item |