PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS 2 DI MIN 1 TULUNGAGUNG

DEWI SULISTIANI, 12205183020 (2022) PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS 2 DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran besar terhadap peningkatan kualitas manusia, dapat meningkatkan kecerdasan, keterampilan, maupun kepribadian. Pendidikan dapat terjadi dilingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Keberhasilan dalam pembelajaran dapat dilihat outputnya yaitu hasil belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor internal (dari dalam diri peserta didik) dan faktor eksternal (dari luar peserta didik). Teman sebaya menjadi salah satu faktor eksternal sosial yang mempengaruhi hasil belajar. Selain teman sebaya, faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar adalah motivasi belajar. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa maka peneliti mengajukan penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas 2 di MIN 1 Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas 2 di MIN 1 Tulungagung?, (3) Apakah teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas 2 di MIN 1 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas 2 di MIN 1 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas 2 di MIN 1 Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas 2 di MIN 1 Tulungagung. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Banyaknya sampel pada penelitian ini yaitu 52 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dengan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) nilai thitung sebesar 3,554 lebih besar dari ttabel sebesar 2,009 dan memperoleh nilai sig. sebesar 0,001 lebih kecil dari pada 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teman sebaya mempengaruhi hasil belajar aqidah akhlak kelas 2 di MIN 1 Tulungagung, (2) nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183020 DEWI SULISTIANI
Date Deposited: 17 Oct 2022 01:52
Last Modified: 17 Oct 2022 01:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31185

Actions (login required)

View Item View Item