STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA NURUL ULUM MUNJUNGAN TRENGGALEK

FAQIH ILMAWATI, 17201163094 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA NURUL ULUM MUNJUNGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru PAI Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek” ini ditulis oleh Faqih Ilmawati, NIM. 72063094, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 202, Pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag Kata kunci : Strategi Pembelajaran Guru PAI, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tuntutan guru pendidikan agama islam (PAI) yang harus memiliki strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar. Jika hal tersebut dikuasai oleh guru, idealnya pembelajaran akan berlangsung dengan efektif dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Fokus penelitian ini adalah ) Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek, 2) Hambatan Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek, 3) Dampak Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek. Tujuan penelitian ini yaitu ) Mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek, 2) Mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek, 3) Mendeskripsikan Dampak Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan ketekunan atau keajekan pengamatan, pengecekan sejawat, dan memperpanjang waktu kehadiran. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Guru PAI menggunakan strategi pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan diimplementasikan dengan menyiapkan segala kesiapan materi, pemahaman karakter siswa. Penekanan materi dengan menggunakan metode yaitu menggunakan metode ceramah tanya jawab dan diskusi. 2) Hambatan strategi pembelajaran ekspositori guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta yaitu beragamnya karakteristik dan tingkat kemampuan siswa yang berbeda. Selain itu, ketika system pembelajaran saat ini diharuskan untuk daring, itu sangat banyak hambatannya. Guru PAI tidak bisa mengontrol secara langsung proses pembelajaran. Banyak dari murid juga mengeluh akan jaringan internet mereka yang susah dan kadang trouble, selain itu juga ada diantara murid mengeluh kapasitas dari hpnya tidak mencukupi. 3) Dampak strategi pembelajaran ekspositori guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu melalui strategi ini para pendidik dan orang tua bisa memberikan contoh tauladan yang baik. Bukan hanya bagaimana cara berbicara, melainkan juga bagaimana cara bersikap, berbuat, mengerjakan sesuatu atau cara beribadah, dan sebagainya. Strategi ini cocok digunakan untuk sekolah yang memiliki jumlah peserta didik yang banyak. Strategi ini juga akan berhasil apabila peserta didik memiliki kemampuan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163094 Faqih Ilmawati
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:17
Last Modified: 13 Oct 2022 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31188

Actions (login required)

View Item View Item