CHOLIDATUL CHASANAH, 12201183237 (2022) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENANGANI PROKRASTINASI AKADEMIK DI MTsN 3 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (627kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (992kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (517kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sistem pembelajaran secara daring, yang akhir-akhir ini banyak menimbulkan keluhan dari peserta didik maupun orangtua. Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Kurangnya pengawasan orang tua terhadap pembelajaran daring serta kurangnya antusias siswa dalam belajar dapat memicu timbulnya perilaku prokrastinasi akademik. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana cara guru fiqih mengidentifikasi perilaku prokrastinasi akademik? 2) Bagaimana strategi guru fiqih dalam pengorganisasian pembelajaran? 3) Bagaimana pelaksanaan guru fiqih dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik? 4) Bagaimana evaluasi guru fiqih dalam menangani prokrastinasi akademik? Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan lokasi di MTsN 3 Blitar. Penelitian ini bersifat menggambarkan, menuturkan, dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan deskriptif berupa kata�kata tertulis/ lisan dari narasumber. Sumber data primer yang diambil dari guru fiqih kelas 7, 8, dan 9. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik reduksi data, data display, dan verifikasi/ penyimpulan data. Menetapkan keabsahan data dengan teknik ketekunan pengamat, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) Cara guru fiqih mengidentifikasi perilaku prokrastinasi akademik siswa yaitu ketika proses pembelajaran berlangsung ditemukan peserta didik yang terlambat mengerjakan tugas daring (dalam jaringan), penundaan tugas sekolah maupun tugas rumah, mengumpulkan tugas tidak tepat waktu, dan sering lalai dan terlambat dalam mengerjakan tugas terutama tugas daring (dalam jaringan). 2) Strategi Guru Fiqih dalam Pengorganisasian Pembelajaran diantarangya dengan (a) Memberikan pemahaman tentang tujuan pembelajaran, (b) Memberikan motivasi tentang semangat belajar dan pentingnya mempelajari ilmu fiqih dalam kehidupan sehari�hari (c) Membuat kesepakatan kelas. 3) Pelaksanaan Guru fiqih dalam menangani perilaku prokrastinasi akademik yakni (a) Memberikan motivasi yang sifatnya membangun, (b) Memberikan hukuman yang sifatnya mendidik (c) Menyuruh peserta didik tetap mengerjakan tugas yang telah diberikan. 4) Evaluasi Guru Fiqih dalam Menangani Prokrastinasi Akademik yakni progresnya selama ini secara pelan-pelan siswa mengalami perubahan menjadi lebih disiplin dalam mengumpulkan tugas. Namun, apabila suatu saat nanti guru mata pelajaran sudah tidak bisa menangani artinya tidak ada perubahan dari siswa tersebut, maka guru mata pelajaran melapor kepada wali kelas, jika wali kelas sudah bergerak dan tidak ada perubahan, maka wali kelas bekerja sama dengan guru BK (Bimbingan Konseling)
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183237 Cholidatul Chasanah |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 02:09 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 02:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31197 |
Actions (login required)
View Item |