PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 TRENGGALEK

GILANG KAHA PAMURIH, 12201183374 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (718kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Peserta Didik Di SMK Negeri 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Gilang Kaha Pamurih, NIM. 12201183374 Tahun 2022 dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru , Pembinaan Karakter, Nilai-nilai Keagamaan Skripsi ini dilatar belakangi oleh bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter peserta didik SMK Negeri 2 Trenggalek. Seorang pendidik memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan begitu pula dalam pendidikan Islam. Seorang pendidik diharapkan mampu menanamkan nilai nilai keagamaan pada diri peserta didik dan tidak hanya mengerjakan materi saja akan tetapi implementasi juga perlu dilakukan dalam dunia pendidikan. Dengan demikian nilai-nilai keagamaan tidak hanya sekedar teori namun, akan tercermin pada perilaku siswa sehari-harinya. Guru berperan penting dalam perkembangan karakter siswa. Oleh karena itu, peran guru dalam membina karakter ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan agar tercapai output yang berkualitas, karena dunia pendidikan saat ini hanya membina kecerdasan intelektualnya, wawasan dan keterampilan semata, tanpa diimbangi dengan karakter yang terpuji. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter melalui penanaman nilai kejujuran peserta didik SMK Negeri 2 Trenggalek? 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter melalui penanaman nilai tanggung jawab peserta didik SMK Negeri 2 Trenggalek? 3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter melalui penanaman nilai sopan santun peserta didik SMK Negeri 2 Trenggalek?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi dan jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMK Negeri 2 Trenggalek. Data yang peneliti dapatkan dari Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter peserta didik SMK Negeri 2 Trenggalek adalah guru berperan sebagai teladan atau contoh, motivator dan pembimbing dalam kegiatan keagamaan yang dapat menanamkan nilai kejujuran pada peserta didik diantaranya yaitu kegiatan sholat berjamaah, dan fasilitas kantin kejujuran. 2) Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter peserta didik melalui penanaman nilai tanggung jawab di SMK Negeri 2 Trenggalek adalah guru berperan sebagai teladan, pembimbing dan pendidik. Dalam kegiatan keagamaan yang dapat menanamkan nilai tanggung jawab pada peserta didik ini melaluimembaca al-Qur’an sebelum mata pelajaran dimulai, adanya tagihan hafalan, dan juga program takhfid. 3) Peran Guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter peserta didik melalui penanaman sopan santun di SMK Negeri 2 Trenggalek adalah guru berperan sebagai teladan, motivator dan pembimbing dalam mengajarkan sopan santun pada diri siswa melalui kegiatan kerapian setiap hari dan menanamkan rasa tawadu’ serta saling menghormati sesama terutama terhadap guru dan orang yang lebih tua

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183374 GILANG KAHA PAMURIH
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:30
Last Modified: 17 Oct 2022 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31205

Actions (login required)

View Item View Item