LELI SEPTIANINGRUM, 12210183004 (2022) KESALAHAN PENGGUNAAN DIKSI DALAM MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (756kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kesalahan Penggunaan Diksi dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kalidawir” ini ditulis oleh Leli Septianingrum, NIM. 12210183004. Skripsi Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universtas Sayyid Ali Rahmatullah (UIN) Tulungagung. Pembimbing Muyassaroh S.S., M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Diksi, Teks Eksposisi. Keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu unsur keterampilan berbahasa. Ketika seseorang menulis sebuah karangan, pilihan kata harus diperhatikan agar tulisan yang baik dapat dihasilkan. Selain itu, maksud dan tujuan tulisan dapat dipahami pembaca dengan baik. Pemilihan kata yang sesuai sangat dibutuhkan terutama pada penulisan teks-teks materi bahasa Indonesia. Teks eksposisi misalnya, siswa dituntut membuat sebuah teks eksposisi dengan memperhatikan kaidah kebahasaan dan pemilihan kata yang tepat. Pada teks eksposisi karangan siswa terdapat beberapa kesalahan dalam pemilihan kata atau diksi yang ditemukan. Kesalahan tersebut disebabkan oleh rendahnya motivasi siswa dalam membaca, perbendaharaan kata yang dikuasai siswa, dan minat belajar siswa dalam membuat sebuah tulisan. Oleh sebab itu, peneliti mengadakan penelitian tentang kesalahan penggunaan diksi dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalidawir. Penelitian ini difokuskan pada bentuk kesalahan diksi dan penyebab kesalahan penggunaan diksi dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalidawir. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan diksi dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalidawir, dan mendeskripsikan penyebab kesalahan penggunaan diksi dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Sumber data berasal dari karya siswa berupa teks eksplanasi karya siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentais dan wawancara. Analisis data yang dilakukan ialah dengan cara membaca satu persatu semua karangan teks eksposisi milik siswa, kemudian menganalisis kesalahan penulisan tanda baca dan struktur kalimat pada teks eksplanasi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kalidawir. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat delapan bentuk kesalahan penggunaan diksi yang meliputi (a) pemakaian kata denotatif dan konotatif, (b) pemakaian kata bersinonim, (c) pemakaian kata berantonim, (d) pemakaian kata homonim, (e) pemakaian kata homofon, (f) pemakaian kata homograf, (g) pemakaian kata baku dan tidak baku, dan (h) kesalahan penulisan pemilihan kata. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa masih terdapat kesalahan dalam penggunaan diksi pada teks eksposisi karya siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kalidawir masih banyak ditemukan. Kesalahan penggunaan diksi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu pengaruh penggunaan bahasa dari sosial media, pengaruh bahasa asing, bahasa daerah, dan kurangnya penguasaan kosakata.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Leli SEPTIANINGRUM |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 07:27 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 07:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31234 |
Actions (login required)
View Item |