PENALARAN ADAPTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA BERDASARKAN MATERI DERET DI MTS NOOR MOJOKERTO

FIKRIYAH HANIM ALAWIYAH, 12204173228 (2022) PENALARAN ADAPTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA BERDASARKAN MATERI DERET DI MTS NOOR MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul '' Penalaran Adaptif dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Berdasarkan Materi Deret di Mts The Noor Mojokerto'' ini ditulis oleh Fikriyah Hanim Alawiyah, NIM 12204173228, dengan pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Penalaran Adaptif, Kapasitas Berfikir, Open Ended, Tipe Kepribadian, Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan dalam pembelajaran dimana siswa harus memiliki kemampuan penalaran adaptif guna menyelesaikan masalah, penalaran adaptif merupakan salah satu kecakapan matematika yang mencakup kapasitas untuk berfikir secara logis, merefleksikan, memberi penjelasan dan menjustifikasi. Dalam proses penalaran adaptif ketika siswa diberikan soal yang berbasis Open Ended, dalam memecahkan masalah matematika setiap siswa memiliki proses dan cara yang berbeda-beda salah satunya yakni berdasarkan tipe kepribadian yang dimiliki siswa. Terdapat 2 tipe kepribadian menurut Alfred Adler, yaitu inferior dan superior. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu agar dapat mengetahui penalaran adaptif siswa dalam menyelesaikan soal Open Ended berdasarkan tipe kepribadian inferior dan superior. Penelitian ini menggunakaan jenis penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian mengambil 4 siswa dari 18 siswa kelas VIII MTs The Noor yang terdiri dari 2 siswa yang memiliki /tipe kepribadian inferior dan 2 siswa yang memiliki tipe kepribadian superior. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, tes soal, dan wawancaara. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan indikator penalaran adaptif. Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini bahwa siswa dengan tipe kepribadian inferior dalam memecahkan soal Open Ended ada beberapa indikator yang terpenuhi yakni dalam menyusun dugaan, dan mampu menentukan gejala matematis akan tetapi ada yang kurang terpenuhi, yakni dalam memberikan alasan atau bukti, menarik kesimpulan dari suatu pernyataan dan memeriksa keshahihan suatu argumen. Sedangkan siswa dengan tipe kepribadian superior dalam memecahkan soal Open Ended sudah memenuhi indikator penalaran adaptif. Siswa dengan tipe kepribadian superior lebih menggunakan dugaandugaan yang diketahuinya, tipe kepribadian superior lebih logika dan kekuatan analisis untuk mengambil keputusan ketika menyelesaikan sebuah permasalahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173228 Fikriyah Hanim Alawiyah
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:36
Last Modified: 27 Oct 2022 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31296

Actions (login required)

View Item View Item