STRATEGI MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KREATIF PADA SISWA KELAS 4 DAN 5 (Studi Multi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rejotangan dan Sekolah Dasar Negeri 1 Rejotangan Tulungagung)

ika setiawati, 2845134020 (2015) STRATEGI MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KREATIF PADA SISWA KELAS 4 DAN 5 (Studi Multi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rejotangan dan Sekolah Dasar Negeri 1 Rejotangan Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV-VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-III.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Strategi Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Kreatif Pada Siswa Kelas 4 Dan 5 (Studi Multi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rejotangan dan Sekolah Dasar Negeri 1 Rejotangan Tulungagung)” ini ditulis oleh Ika Setiawati dibimbing oleh Dr. Ngainun Na‟im,M.H.I dan Dr. Eni Setyowati, S.Pd. MM. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Menulis, Karangan Kreatif Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa seorang siswa sangat haus akan bahan bacaan yang baru dan ide cerita yang segar untuk mengimbangi keingintahuannya tentang segala sesuatu, baik yang bersifat imajinasi maupun nyata. Selain itu mereka adalah penulis alamiah yang masih polos yang selalu mempunyai keinginan untuk mengatakan sesuatu. Tulisan mereka kerap kali begitu segar dan alami. Hal ini disebabkan banyak hal yang bersifat baru bagi pengetahuan mereka dan mereka tuliskan sesuai dengan jalan fikiran mereka. Sebagai anak-anak, pikiran siswa sekolah dasar berkecamuk dengan berbagai gagasan. Oleh karena itu menulis menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan siswa sekolah dasar karena ketidakmampuan mereka menuangkan ide dan gagasan tentang apa yang dibaca, dilihat, dan didengar. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah : (1) Bagaimanakah perencanaan strategi meningkatkan kemampuan menulis karangan kreatif pada siswa di MIN Rejotangan Tulungagung dan SDN 1 Rejotangan Tulungagung?; (2) Bagaimanakah penerapan strategi meningkatkan kemampuan menulis karangan kreatif pada siswa di MIN Rejotangan Tulungagung dan SDN 1 Rejotangan Tulungagung?; (3) Bagaimanakah hasil strategi meningkatkan kemampuan menulis karangan kreatif pada siswa di MIN Rejotangan Tulungagung dan SDN 1 Rejotangan Tulungagung?. Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan terkait dengan pemilihan media dan metode apa yang tepat digunakan oleh setiap guru dalam proses pembelajaran. Terlebih yang difokuskan pada meningkatkan kemampuan menulis karangan kreatif siswa pada tingkat sekolah dasar. Pemilihan media dan metode yang tepat tidak luput dari beberapa prinsip, diantaranya prinsip dari pemilihan media adalah fleksibilitas yang disesuaikan dengan KD dan tujuan pembelajaran. sementara dari prinsip pemilihan metode pembelajaran itu sendiri yaitu memperhatikan betul karakteristik materi serta siswanya, letak geografis sekolah, dan kemampuan guru menguasai metode dan penerapannya. Sehingga metode yang guru terapkan dapat membantu mempermudahkan siswa dalam memahami setiap materi yang guru sampaikan. Dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan strategi pembelajaran menulis karangan disusun oleh masing-masing guru yang bersangkutan dengan persetujuan dari pihak kepala sekolah. dalam membuat perencanaan pembelajaran selain berpedoman pada silabus yang telah ditetapkan juga memperhatikan pada kurikulum yang berlaku yaitu KTSP 2006. Prinsip xx pemilihan media dan metode menjadi hal yang patut dipertimbangkan guna tercapainya proses pembelajaran secara maksimal. (2) Penerapan strategi menulis karangan kreatif disesuaikan dengan RPP, yang didalamnya telah diselipkan pemilihan media dan metode pembelajaran yang telah disusun oleh guru serta mendapat pengawasan langsung dari pihak terkait. (3) Hasil dari penerapan strategi menulis karangan kreatif menunjukkan hasil yang signifikan. Kemampuan menulis karangan kreatif dapat dilihat dari produk yang dibuat oleh siswa yaitu berupa tulisan dengan memperoleh nilai yang maksimal. Hal ini diketahui dari masing-masing kelas di kedua lokasi penelitian berdasarkan dari studi dokumentasi, observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: IKA SETIAW 2845134020 IKA SETIAWATI
Date Deposited: 28 Dec 2015 04:43
Last Modified: 28 Dec 2015 04:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3130

Actions (login required)

View Item View Item