PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR

SYAHRUL HANO ARISMAN IRFANDI, 12201173151 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Religius Peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar”, ini ditulis oleh Syahrul Hano A. I dibimbing oleh Zainudin, S.Ag, M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Perilaku Peserta Didik Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh SMPN 2 Kademangan sudah dapat mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku peserta didik, seperti perbedaan latar belakang orang tua baik sosial, ekonomi, maupun budaya, pola asuh, tingkat pendidikan, dan keagamaan di dalam keluarga berbeda-beda satu sama lain, sehingga perilaku peserta didik pun berbedabeda. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana perilaku religius peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar? 2) Bagaimana pola-pola tindakan guru dalam Meningkatkan Perilaku Religius Peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar? 3) Bagaimana peran guru PAI sebagai evaluator dalam Meningkatkan Perilaku Religius Peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar? Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) Perilaku Religius Peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar dilaksanakan secara harian yaitu: tadarus al-Qur’an dan do’a serta dzikir tiap pagi hari, shalat dhuha yang dilaksanakan sebagian besar peserta didik pada saat istirahat dan shalat dhuhur berjama’ah yang dilaksanakan oleh para peserta didik dengan diimami oleh guru. Sedangkan yang bersifat mingguan antara lain: membaca asmaul husna dan Jum’at beramal pada hari jumat. Adapun yang dilaksanakan insidental yaitu: istighatsah, peringatan hari besar Islam (PHBI), pesantren Ramadhan, pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah, kegiatan hari raya Idul Adha serta penyembelihan hewan qurban. 2) Pola-pola tindakan guru dalam meningkatkan perilaku religius peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar dilakukan dengan: a) Kegiatan pembelajaran melalui Daring meningkatkan perilaku religius peserta didik dilakukan dengan memaksimalkan media online saat pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi group WA, youtube, classroom, zoom dan sebagainya b) Kegiatan pembelajaran melalui Luring meningkatkan perilaku religius peserta didik dilakukan dengan Penyampaian pembelajaran secara luring dengan sistem terbatas yaitu minggu pertama masuk bagi peserta didik No Absen ganjil, baru minggu kedua absen genap dan pola pembelajaran peserta didik mengikuti materi pelajaran mulai pukul 07.30-10.30 WIB. c) Guru keteladanan dari Nabi Muhammad SAW dan tokoh lokal maupun tokoh internasional, 3) Peran guru PAI sebagai evaluator dalam Meningkatkan Perilaku Religius Peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar dilakukan dengan melakukan dengan melalui: a) Evaluasi Mingguan (Tagihan Mingguan) Kegiatan yang dievaluasi setiap minggu biasanya adalah kegiatan harian. b) Evaluasi Semester (Tagihan Semester) peserta didik supaya bisa mengikuti ujian semester juga harus menyelesaikan tagihan keagamaan, yang berupa hafalan asma’ alHusna dan surah-surah pendek. c) Evaluasi Tahunan (Tagihan Per Tingkat) Evaluasi keagamaan juga dilakukan per tahun, yaitu ada syarat khusus peserta didik yang akan naik ke kelas yang lebih tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173151 SYAHRUL HANO ARISMAN IRFANDI
Date Deposited: 06 Nov 2022 08:37
Last Modified: 06 Nov 2022 08:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31328

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item