PELAYANAN DIGITAL APLIKASI E-OPEN DISDUKCAPIL BERDASARKAN SIYASAH SYARÍYYAH (Studi Kasus di Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi)

AHLISNA FUADAH, 12103183136 (2022) PELAYANAN DIGITAL APLIKASI E-OPEN DISDUKCAPIL BERDASARKAN SIYASAH SYARÍYYAH (Studi Kasus di Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi). [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahlisna Fuadah, 12103183136, Pelayanan Digital Aplikasi e-Open Disdukcapil Berdasarkan Siyasah Syaríyyah (Studi Kasus di Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi), Jurusan Hukum Tata Negara UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing Prof Dr Iffatin Nur, M. Ag. Kata Kunci: Pelayanan Digital, Aplikasi, Siyasah Syaríyyah Aplikasi e-Open baru diluncurkan pada bulan Oktober 2020 tahun lalu ini muncul bersamaan dengan Surat Edaran Nomor 443/2370/DISDUKCAPIL.Set Tentang Mekanisme Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Bekasi Melalui Aplikasi e-Open yang ditandatangani oleh Dr. Rahmat Efendi selaku wali Kota Bekasi pada 31 Maret 2020. Aplikasi pelayanan dokumen kependudukan digital Kota Bekasi bertujuan mempermudah pengurusan dokumen kependudukan. Kendala mengurus dokumen kependudukan masyarakat Kota Bekasi dapat diketahui oleh pemberian rating aplikasi rendah pada Play Store yang diberikan masyarakat pengguna. Alasan sebagaian besar masyarakat menyebut aplikasi e-Open tidak mempermudah pelayanan namun malah menghambat. Akibat terkendalanya pelayanan dokumen kependudukan maka akan berdampak pula dengan kegunaan data kependudukan. Alasan pemilihan objek penelitian pada pembuatan Akta Kelahiran, pembuatan KTP-EL, dan penerbitan KK karena ketiga layanan paling umum ditemukan pada saat observasi lapangan. Rumusan masalah dalam kajian ini adalah 1) Bagaimana pelayanan digital aplikasi e-Open pada pembuatan Akta Kelahiran berdasarkan perspektif siyasah syariyyah? Bagaimana pelayanan digital aplikasi e-Open pada pembuatan KTP eletronik berdasarkan perspektif siyasah syariyyah? Bagaimana pelayanan digital aplikasi e-Open pada pembuatan Kartu Keluarga berdasarkan perspektif siyyasah syariyyah? Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yuridis empiris. Teknik pengumpulan data adalah wawancara terstruktur dan observasi serta dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan adalah menggunakan model analisis Miles and Hubermen, yang terdiri atas reduksi data dari penemuan fakta lapangan, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pelayanan digital Aplikasi eOpen telah sesuai dengan undang-undang yang berlaku, namun dalam pelaksanaannya pelayanan digital masih membuat masyarakat bingung terlebih dalam pembagian pelayanan disdukcapil, kecamatan dan GPP dan MPP dengan edukasi yang berikan Satgas Pamor juga belum memberikan dampak spesifik untuk kecepatan informasi dan pelayanan. 2) Adanya pelayanan digital sesuai dengan konsep siyasah syaríyyah yaitu tentang Sadd al-dzariyat yang mana aplikasi ini hadir sebagai ‘alat’ditengah pencegahan covid-19 keadaan darurat untuk meminimalisir penyebaran virus yang dijelaskan dalam Surat Edaran Nomor 443/2370/DISDUKCAPIL.Set dan juga dalam perspektif siyasah idariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara > Desa
Hukum > Hukum Islam
Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: S.H 12103183136 Ahlisna Fuadah
Date Deposited: 06 Nov 2022 07:53
Last Modified: 06 Nov 2022 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31331

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item