IMPLEMENTASI METODE USMANI MELALUI PENGAJARAN TALAQQI DAN MUSYAFAHAH DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ NUR-ROHMAN DESA SUMBERINGIN KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR

ALI NUR AZIZ, 2811133292 (2022) IMPLEMENTASI METODE USMANI MELALUI PENGAJARAN TALAQQI DAN MUSYAFAHAH DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ NUR-ROHMAN DESA SUMBERINGIN KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Nur Aziz, Ali. 2020. Implementasi Metode Usmani Melalui Pengajaran Talaqqi Dan Musyafahah Dalam Belajar Membaca Al-Qur’an Di TPQ Nur-Rohman Desa Sumberingin Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Sarjana Strata Satu Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung. Pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Metode Usmani, Talaqqi, Musyafahah Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi umat islam, oleh karena itu belajar membaca Al-Qur‟an merupakan suatu ibadah. Namun masih banyak masyarakat yang kekurangan dalam membaca Al-Qur‟an sesuai dengan kaidah tajwid yang benar.Belajar membaca Al-Qur‟an dengan benar tidak cukup hanya menggunakan sesuai abjad, tapi haruslah berguru kepada orang yang mahir dengan sanad yang bersambung kepada Rasullalloh SAW. dan berhadapan secara langsung dalam mempelajarinya. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Implementasi pembelajaran Al-Qur‟an melalui metode usmani di TPQ Nur-Rohman Sumberingin Sanankulon Blitar? (2) Bagaimana pengajaran secara talaqqi di TPQ Nur-Rohman Sumberingin Sanankulon Blitar? (3) Bagaimana pengajaran secara musyafahah di TPQ Nur-Rohman Sumberingin Sanankulon Blitar? Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melalukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik, ketekunan pengamat dan ketekunan keikutsertaan. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran Al-Qur‟an melalui metode usmani di TPQ Nur-Rohman Sumberingin Sanankulon Blitar ditekankan pada pembelajaran secara individual, sehingga guru mampu mengetahui kemampuan masing-masing peserta didik. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik dilaksanakan evaluasi. TPQ Nur-Rohman juga mengajarkan materi tambahan kepada santri meliputi; fashohah tartil, tajwid, ghoribul Quran, hafalan yasin tahlil, hafalan surat pendek, terjemah surat pendek, serta menulis pegon. (2) Pengajaran secara talaqqi di TPQ Nur-Rohman Sumberingin Sanankulon Blitar yaitu dengan peserta didik yang bertemu langsung dengan guru, guru menyampaikan ilmu yang diperoleh dari Syaikh Syaiful Bakhri yang bersanad sampai kepada Rasulullah SAW untuk diajarkan ke peserta didik.Guru yang diperbolehkan mengajar setelah memiliki ijazah. (3) Pengajaran secara musyafahah di TPQ Nur-Rohman Sumberingin Sanankulon Blitar adalah musyafahah secara klasikal. Pembelajaran ini dengan lalaran surat-surat pendek dan lalaran tebal tipis makharaj atau mereview kembali materi yang telah disampaikan oleh guru dan musyafahah individual yaitu guru menyimak bacaan siswa atau sebaliknya, siswa menirukan bacaan guru. Hal yang paling penting dalam pengajaran musyafahah di TPQ Nur-Rohman adalah peserta didik dapat menyebutkan dan membaca bacaan dengan benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133292 ALI NUR AZIZ
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:12
Last Modified: 07 Nov 2022 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31399

Actions (login required)

View Item View Item