PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X MAN 2 JOMBANG TAHUN AJARAN 2021/2022

DEWI KURNIA SARI, 12210183060 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X MAN 2 JOMBANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas XMAN 2 Jombang Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Dewi Kurnia Sari,NIM 12210183060, Prodi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan IlmuKeguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung,dibimbing oleh Lilis Anifiah Zulfa. Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan menulis Teks Anekdot. Pengetahuan dan pemahaman siswa tentang suatu teks menulis dapatmempengaruhi wawasan dan cara berpikir siswa dalam mengkritik sosial. Dalamhal ini peneliti menghubungkan masalah prestasi belajar mata pelajaran BahasaIndonesia materi teks anekdot dengan kemampuan menulis siswa di MadrasahAliyah Negeri 2 Jombang. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruhmodel pembelajaran problem based learning, mendeskripsikan kemampuanmenulis teks anekdot pada siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum dansetelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian eksperimental dengandesain control group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswakelas X MAN 2 Jombang yang berjumlah 156 siswa. Sampel yang diambilsebanyak dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Setiap kelas berjumlah32 orang sehingga jumlah siswa yang diambil sebagai sampel berjumlah 64 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajaryang dianalisis dengan menggunakan uji statistik deskirptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis teks anekdot yang cukup signifikan setelah model problem based learning diterapkan. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,270. Hasil tersebut menunjukkan nilai lebih besar dari pada taraf signifikansi 5% (0,270 > 0,05). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa H 0 diterima atau dengan kata lain nilai kemampuan menulis antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional adalah identik (tidak ada perbedaan).

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183060 Dewi
Date Deposited: 08 Nov 2022 01:19
Last Modified: 08 Nov 2022 01:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31412

Actions (login required)

View Item View Item