MILLATUL HIDAYAH, 128505203016 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB AKHLAK LIL BANAAT DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI (Studi Multisitus di Madrasah Ibtidaiyah Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri dan Madrasah Ibtidaiyah Darussalamah Sumbersari Kepung Kediri). [ Thesis ]
Text
Cover.pdf Download (832kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (508kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (296kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (426kB) |
||
Text
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banaat dalam Pembinaan Akhlak Santri (Studi Multisitus di Madrasah Ibtidaiyah Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri dan Madrasah Ibtidaiyah Darussalamah Sumbersari Kepung Kediri)” ditulis oleh Millatul Hidayah NIM. 128505203016, pembimbing I Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd., dan pembimbing II Dr. Luk-luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banaat, Pembinaan Akhlak Santri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa saat ini kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Sebab sejahtera-rusaknya suatu bangsa dan masyarakat, tergantung kepada bagaimana akhlaknya. MI Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Darussalamah Sumbersari Kepung Kediri merupakan lingkungan yang sangat mendukung untuk pembentukan akhlak baik pada peserta didik. Salah satu bentuk upaya pembinaan akhlak santri di MI Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Darussalamah Sumbersari Kepung Kediri yaitu dengan pembelajaran kitab Akhlak Lil Banaat. Dengan adanya pembelajaran kitab Akhlak Lil Banaat di MI Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Darussalamah Sumbersari Kepung Kediri ini berharap dan mengupayakan agar semua santri memiliki akhlak mulia. Pertanyaan peneliti dalam penulisan ini adalah (1) Bagaimana strategi pengorganisasian pada pembelajaran kitab Akhlak Lil Banaat dalam pembinaan akhlak santri di MI Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Darussalamah Sumbersari Kepung Kediri? (2) Bagaimana strategi penyampaian pada pembelajaran kitab Akhlak Lil Banaat dalam pembinaan akhlak santri di MI Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Darussalamah Sumbersari Kepung Kediri? (3) Bagaimana strategi pengelolaan pada pembelajaran kitab Akhlak Lil Banaat dalam pembinaan akhlak santri di MI Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Darussalamah Sumbersari Kepung Kediri? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan serta menggunakan teknik triangulasi, yakni sumber,teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Pelaksanaan strategi pengorganisasian pada pembelajaran kitab Akhlak Lil Banaat dalam pembinaan akhlak santri di MI Qur’an Al-Hikmah Purwoasri dan MI Darussalamah Sumbersari Kepung Kediri dengan menyediakan fasilitas dan perlengkapan pembelajaran serta pemilihan tenaga pendidik yang profesional dibidangnya, kedua situs juga membentuk struktur wewenang dan koordinasi. Metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab Akhlak Lil Banaat yakni metode khas pembelajaran kitab kuning yaitu metode bandongan/wetonan. Untuk meningkatkan kompetensi dan mutu pendidik, serta pencarian sumber/referensi dalam mengajar, pendidik di kedua situs melakukan pendalaman ilmu pada kiyai/pengasuh pondok. (2) Pelaksanaan strategi penyampaian pada pembelajaran kitab Akhlak Lil Banaat dalam pembinaan akhlak santri di MI Qur’an Al-Hikmah Purwoasri dan MI Darussalamah Sumbersari Kepung Kediri dengan melakukan melakukan beberapa tahap, ada tahap persiapan yang dilakukan uztadz menyiapkan kebutuhan dan perlengkapan pelajaran termasuk media pembelajaran. Kemudian tahap pembelajaran kitab pada tahap inilah santri berinteraksi dengan media yang digunakan yakni kitab Akhlak Lil Banaat serta media penunjang lainnya. Tahap selanjutnya yakni tahap penutup dan evaluasi (3) Pelaksanaan strategi pengelolaan pada pembelajaran kitab Akhlak Lil Banaat dalam pembinaan akhlak santri di MI Qur’an Al-Hikmah Purwoasri dan MI Darussalamah Sumbersari Kepung Kediri dengan melakukan penataan lingkungan belajar, pembuatan jadwal, pengelolaan motivasi belajar serta pembuatan laporan hasil belajar siswa. Penataan lingkungan belajar dibuat agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar serta kondusif, pembuatan jadwal, pembuatan jadwal pada kedua situs sangat perlu dilakukan oleh madrasah agar dapat mendukung dari keberlangsungannya kegiatan pembelajaran, kontrol belajar dilakukan dengan pembuatan catatan hasil belajar siswa serta, dan pengelolaan motivasi pada siswa dengan cara memberikan reward untuk santri yang berprestasi dan sama-sama memberikan punishment untuk santri yang melanggar peraturan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 128505203016 Millatul Hidayah |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 01:32 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 01:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31421 |
Actions (login required)
View Item |