PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU ELEKTRONIK BERBASIS EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG

ILMA KARISMATUL KHUSNA, 128505203013 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU ELEKTRONIK BERBASIS EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (647kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Buku Saku Elektronik Berbasis Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Islam Al Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Ilma Karismatul Khusna, NIM. 128505203013 dengan pembimbing Prof. Dr. Mohammad Jazeri, M.Pd dan Dr. Eni Setyowati, M.M. Kata Kunci: Pengembangan Media, Buku Saku Elektronik Berbasis Eksperimen, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya media pembelajaran yang lengkap dan menarik mengenai kegiatan bereksperimen pada pembelajaran IPA. Dengan itu diperlukan adanya inovasi baru mengenai penyajian media pembelajaran menarik yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Kegiatan pembelajaran menggunakan bahan ajar ini dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen siswa dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana desain media buku saku elektronik berbasis eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Islam Al Azhaar Tulungagung? (2) Bagaimana kevalidan media buku saku elektronik berbasis eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Islam Al Azhaar Tulungagung? (3) Bagaimana kepraktisan media buku saku elektronik berbasis eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Islam Al Azhaar Tulungagung? (4) Bagaimana efektivitas media buku saku elektronik berbasis eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Islam Al Azhaar Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan desain media buku saku elektronik berbasis eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Islam Al Azhaar Tulungagung (2) Mendeskripsikan kevalidan media buku saku elektronik berbasis eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Islam Al Azhaar Tulungagung (3) Mendeskripsikan kepraktisan media buku saku elektronik berbasis eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Islam Al Azhaar Tulungagung (4) Mendeskripsikan efektivitas media buku saku elektronik berbasis eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan adalah adopsi dari model pengemabangan Borg and Gall yang dimodifikasi 7 tahapan diantaranya: (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan produk (3) Pengembangan produk (4) Uji coba lapangan awal (5) Merevisi hasil uji coba (6) Uji coba lapangan kecil (7) Desiminasi dan implementasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini hasil (1) Media yang dihasilkan berupa elektronik buku saku berbasis eksperimen yang memuat langkah�langkah eksperimen dan dikembangkan sesuai dengan kompetensi dasar kelas IV sekolah dasar, (2) Hasil validasi produk oleh tiga ahli media rata-rata sebesar 93%, hasil validasi produk oleh tiga ahli materi rata-rata 89%, dan hasil uji lapangan kelayakan materi mendapatkan rata-rata 88% dan kelayakan media 86%. (3) Analisis kepraktisan buku saku elektronik berbasis eksperimen ini berdasarkan hasil angket respon guru mendapatkan skor rata-rata 87% dan angket respon siswa dengan persentase 87% sehingga dapat dikatakan media pembelajaran tersebut praktis dan layak untuk digunakan. (4) Hasil Perhitungan Independent sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang menunjukkan nilai sig (2-tailed) < sig level (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar kelas yang menggunakan media pembelajaran mengalami peningkatan lebih signifikan dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik di kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: Ilma Karismatul
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:30
Last Modified: 08 Nov 2022 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31426

Actions (login required)

View Item View Item