Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN se-Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Noer Endah Astuti dengan dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. Agus Eko Sujianto, MM.

Noer Endah Astuti, 2846134036 (2015) Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN se-Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Noer Endah Astuti dengan dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. Agus Eko Sujianto, MM. [ Thesis ]

[img] Text
TESIS UPLOAD NOER ENDAH.docx

Download (512kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN se-Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Noer Endah Astuti dengan dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. Agus Eko Sujianto, MM. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial Kompetensi Profesional, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukan penurunan kualitas dalam dunia pendidikan sekarang ini. Banyak guru yang kurang menguasai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional yang merupakan dasar dari proses pembelajaran. Kualitas pendidik yang masih rendah sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Untuk menghadapi tantangan tersebut guru harus secara terus menerus belajar sebagai upaya untuk mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana deskripsi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional guru dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung? (4) Adakah pengaruh kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung? (5) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung? (6) Apakah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Untuk menganalisis deskripsi kompetensi profesional, kompetensi kepribadian guru dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung. (3) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung. (4) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung. (5) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung. (6) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagigik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTsN se Kabupaten Tulungagung sebanyak 8 lembaga sekolah. Kemudian dengan teknik cluster sampling dipilih 3 lembaga sekolah dengan populasi sebanyak 2742 siswa. Jumlah sampel berdasarkan tabel Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% yaitu sebanyak 317 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana (uji t), regresi berganda (uji F). Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa : (1) Kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN se-kabupaten Tulungagung termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 93,55. Kompetensi kepribadian terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN se-kabupaten Tulungagung termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata75,95. Kompetensi sosial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN se-kabupaten Tulungagung termasuk dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 45,00. Kompetensi profesional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN se-kabupaten Tulungagung termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 50,70. (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN se-kabupaten Tulungagung termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 75,87. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN se-kabupaten Tulungagung sebesar 23%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung, yaitu sebesar 79%. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN se-Kabupaten Tulungagung, yaitu sebesar 10%. (6) Terdapat pengaruh antara kompetensi profesional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN se-kabupaten Tulungagung sebesar 12%.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MPd.I 2846134036 NOER ENDAH ASTUTI
Date Deposited: 11 Jan 2016 04:08
Last Modified: 11 Jan 2016 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3144

Actions (login required)

View Item View Item