HESTI KHOIROTUN NISA’, 12210183030 (2022) EFEKTIVITAS METODE BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X MA FATHUL HIDAYAH LAMONGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (273kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
Abstract
Teks anekdot siswa kelas X MA Fathul Hidayah lebih banyak disajikan dalam bentuk teori-teori dan menggunakan metode ceramah. Hal ini mengakibatkan siswa cenderung kurang aktif, kreatif, tidak dapat berkolaborasi dengan teman, dan cepat bosan dengan materi yang disampaikan. Selain itu, kemampuan siswa yang masih rendah disebabkan kurangnya variasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan demikian, materi yang disampaikan ke siswa kurang maksimal. Kemampuan pemahaman anekdot tidak bisa didapat jika siswa hanya diberikan teori-teori tentang teks anekdot. Melihat kondisi tersebut perlu dicarikan solusi alternatif dalam pembelajaran teks anekdot, agar permasalahan dan kendala yang ada pada siswa maupun guru segera dapat teratasi, salah satunya dengan mengujicobakan model pembelajaran yang mendoromg siswa untuk berperan aktif, kreatif dan collaborative sehingga menimbulkan pembelajaran menulis teks anekdot yang efektif. Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran teks anekdot perlu diterapkan dengan menggunakan model pembbelajaran berbasis proyek sebagai metode pembelajaran yang akan diterapkan dalam kegiatan pembelajaraanteks anekdot. Pembelajaran berbaasis proyek dapat mendorong siswa untuk aktif dalam memecahkan masalah sendiri dan guru sebagai fasilitator. Hal ini menjadikan motode berbasis proyek lebih unik, inovatif dan tepat guna dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa “Ada efektivitas yang signifikan penerapan Metode Berbasis Proyek terhadap pembelajaran teks anekdot di MA Fathul Hidayah Lamongan.” Sesuai hasil penghitungan effect size guna mengetahui tingkat efektivitas, diketahui nilai Cohen sebesar 25.85, hal itu menunjukkan bahwa penerapan Metode Berbasis Proyek berpengaruh rendah terhadap teks anekdot pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MA Fathul Hidayah Lamongan, dengan membandingkan nilai pascaujian kelas eksperimen dan nilai terdahulu. Artinya, dengan diterapkannya Metode Berbasis Proyek di MA Fathul Hdayah, hanya memberikan efek sekitar 25.85 % dengan pembelajaran yang tidak diterapkan Metode Berbasis Proyek. Meskipun dari hasil pengujian dapat diketahui nilai sebesar 25.85 %
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183030 HESTI KHOIROTUN NISA’ |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 07:25 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 07:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31440 |
Actions (login required)
View Item |