UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MIN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ISNA IRAWAN, 1725143135 (2018) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MIN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di MIN Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Isna Irawan, NIM. 1725143135, Pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata kunci : Upaya Guru, Hal yang Mendukung dan Hal yang Mengambat Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kecerdasan spiritual pada diri anak akan berkembang dan meningkat sesuai dengan pembiasaan yang dilakukan. Banyak kendala yang dialami pada saat melaksanakan kegiatan tersebut. Salah satu kendalanya yaitu hambatan dari kurangnya perhatian orangtua terhadap anak, dan kurangnya dukungan kecerdasan spiritual di rumah yang membuat anak itu tidak mengenal mana yang baik dan buruk untuk dirinya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kecerdasan spiritual siswa MIN Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MIN Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MIN Rejotangan Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan spiritual siswa, peran guru Akidah Akhlak, dan faktor pendukung dan penghambat guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MIN Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara Uji Kredibilitas berupa Ketekunan Pengamatan (Presistent Observation), Trianggulasi, dan Pemeriksaan Sejawat melalui Diskusi (Peerderieng). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan spiritual siswa melakukan pembiasaan-pembiasaan yang mampu meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. (2) Peran guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual sangatlah berperan aktif dalam pembentukan akidah dan akhlak siswa dalam kehidupannya. (3) Hal-hal yang mendukung seperti materi pembelajaran, pembiasaan-pembiasaan, guyub rukun antar Bapak/Ibu guru dan hal yang menghambat seperti dari keluarga yang kurang mendukung, kurang memberi perhatian dan motivasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 1725143135 Isna Irawan
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:33
Last Modified: 10 Nov 2022 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31455

Actions (login required)

View Item View Item