PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI PUISI KELAS VII MTs QOMARUL HIDAYAH TUGU TRENGGALEK

FAJAR SHOLAHUDDIN, 12210173082 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI PUISI KELAS VII MTs QOMARUL HIDAYAH TUGU TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

ABSTRAK Sholahuddin, Fajar. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Materi Puisi Kelas VII Mts Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Muyassaroh, M.Pd. Kata kunci: pengembangan media pembelajaran, monopoli, puisi Media pembelajaran merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami pembelajaran. Berangkat dari permasalahan media pembelajaran yang kurang menarik hingga guru yang kurang inovatif, melatarbelakangi penelitian dan pengembangan ini. Selain itu, sikap peserta didik yang mudah bosan terhadap pembelajaran menggunakan papan tulis juga salah satu alasan penelitian dan pengembangan ini dilakukan. Oleh karena itu, media pembelajaran permainan monopoli perlu dikembangkan guna menciptakan suasana baru dalam pembelajaran teks puisi. Media pembelajaran dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE oleh Robert Maribe Branch. Tahapan yang dilakukan meliputi: 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan, 4) implemnetasi, dan 5) evaluasi. Berdasarkan kelima tahapan tersebut, peneliti melakukan tahapan sebagai berikut; 1) analisis kebutuhan peserta didik, 2) merancang desain media pembelajaran berdasarkan KD 3.13 dan 3.14, 3) mengembangkan media pembelajaran sesuai analisis kebutuhan dan rancangan, dan 4) evaluasi kelayakan media pembelajaran yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Data pada penelitian ini berupa data numerik dan verbal. Data numerik diperoleh dari skor penilaian yang diberikan oleh validator. Sementara data verbal dapat diperoleh dari data tertulis pada kolom komentar yang diberikan oleh validator. Data verbal juga terdapat pada hasil analisis kebutuhan. Hasil evaluasi terhadap kelayakan media pembelajaran, diperoleh persentase sebesar 88,75% dari aspek materi dan 97% dari aspek media. Artinya, tingkat kelayakan media pembelajaran berada pada tingkat sangat layak. Hasil penelitian dan pengembangan selanjutnya dapat diseminasikan dalam jurnal ilmiah. Hasil penelitian dan pengembangan juga dapat direkomendasikan untuk ditindaklanjuti sebagai media pembelajaran teks puisi di sekolah, khususnya di MTs Qomarul Hidayah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173082 FAJAR SHOLAHUDDIN
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:14
Last Modified: 10 Nov 2022 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31458

Actions (login required)

View Item View Item