PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPI MIA TULUNGAGUNG

SAIFUL FUAD, 12201173202 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPI MIA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Waktu Belajar di Luar Sekolah Terhadap Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPI MIA Tulungagung” Skripsi ini ditulis oleh Saiful Fuad. NIM. 12201173202 Tahun. 2021, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen pembimbing: Liatul Rohmah, M.Pd.I Kata Kunci: Waktu Bealajar di Luar Sekolah, Keaktifan Belajar, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang terjadi pada saat ini, tidak semua siswa menggunakan waktu belajar di luar sekolah untuk kegiatan positif yang menunjang pembelajaran di sekolah, sebagian dari mereka menggunakan waktu tersebut untuk kegiatan-kegiatan yang lain di luar belajar. Fenomena semacam ini sangat mempengaruhi keaktifan dan motivasi belajar siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan pengaaruh peggunaan waktu belajar di luar sekolah terhadap keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII SMPI MIA Tulungagung Penelitian ini dimaksud untuk menjawab rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh penggunanaan waktu belajar di luar sekolah terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPI MIA Tulungagung tahun ajaran 2020/2021? (2) Adakah pengaruh penggunanaan waktu belajar di luar sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPI MIA Tulungagung tahun ajaran 2020/2021? (3) Adakah pengaruh penggunanaan waktu belajar di luar sekolah terhadap keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPI MIA Tulungagung tahun ajaran 2020/2021? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi kelas VIII SMPI MIA Tulungagung yang terdiri dari 39 siswa. Sampling pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) dan memperoleh sempel seluruh populasi yang ada. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Semua data dianalisis dengan menggunakan dua uji yaitu: a) uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. b) uji hipotesis yaitu uji regresi linear sederhana dan uji MANOVA. Adapun hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh penggunanaan waktu belajar di luar sekolah terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPI MIA Tulungagung tahun ajaran 2020/2021 dengan F Hitung sebesar 11,448 (11,448 > 4,105) sehingga dalam pengujian ini H o ditolak dan H a diterima (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh penggunanaan waktu belajar di luar sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPI MIA Tulungagung tahun ajaran 2020/2021 dengan F Hitung sebesar 11,448 (11,407 > 4,105) sehingga dalam pengujian ini H o ditolak dan H a diterima (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh penggunanaan waktu belajar di luar sekolah terhadap keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPI MIA Tulungagung tahun ajaran 2020/2021 dengan taraf signifikasi sebesar 0,004, 0,004, 0,005, dan 0,002 (0,004, 0,004, 0,005,0,002 < 0,05) sehingga dalam pengujian ini H o ditolak dan H a diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173202 SAIFUL FUAD
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:05
Last Modified: 29 Dec 2022 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31477

Actions (login required)

View Item View Item