STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL QUR’AN SISWA (Studi Multisitus di MI Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung)

NAHDLIYA AAMILA SALSABIILA, 128505203019 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL QUR’AN SISWA (Studi Multisitus di MI Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al Qur’an Siswa (Studi Multi Kasus di MI Qur’an Al Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung)” ditulis oleh Nahdliya Aamila Salsabiila NIM. 128505203019, pembimbing I Dr. Luk-luk Nur Mufidah, M.Pd.I, dan pembimbing II Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata kunci : Strategi Guru, meningkatkan hafalan Al Qur’an siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa saat ini adanya sebuah program pada setiap lembaga merupakan suatu hal yang sudah tidak asing lagi. Setiap lembaga mempunyai program yang diunggulkan tidak hanya sekedar untuk kemajuan lembaga tersebut akan tetapi juga sebagai upaya mendapat nilai unggul oleh masyarakat daripada lembaga lain. MI Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri dan MI MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung merupakan lembaga yang sangat memberi perhatian penuh terhadap program�program yang ditawarkan pada masing-masing lembaga salah satunya adalah program tahfidz. MI Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri dan MI MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung mempunyai beberapa strategi dalam upaya meningkatkan kualitas hafalan Al Qur’an pada peserta didik, dimana masing-masing lembaga juga mempunyai metode yang menunjang kualitas hafalan Al Qur’an peserta didik menjadi lebih baik. Pertanyaan peneliti dalam penulisan ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an siswa dari sisi tahfidz Al Qur’an di MI Qur’an Al Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an siswa dari sisi tajwid Al Qur’an di MI Qur’an Al Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an siswa dari sisi fashohah Al Qur’an di MI Qur’an Al Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan serta menggunakan teknik triangulasi, yakni sumber,teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an siswa dari sisi tahfidz Al Qur’an di MI Qur’an Al Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung dengan menggunakan beberapa strategi yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan kondisi lingkungan belajar mengajar yakni menggunakan metode muroja’ah, pembelajaran tahfidz dijadikan sebagai muatan lokal, adanya asrama bagi pesserta didik, adanya waktu tersendiri dalam menghafal Al Qur’an penggunaan metode takrir dan tidak pindah ayat sebelum lancar (2) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an siswa dari sisi tajwid Al Qur’an di MI Qur’an Al Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung dengan menerapkan sebuah metode yakni metode tahsin dan metode An Nahdliyah (3) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an siswa dari sisi tajwid Al Qur’an di MI Qur’an Al Hikmah Purwoasri Kediri dan MI Plus Al Istighosah Panggungrejo Tulungagung dengan menerapkan sebuah metode yakni metode tahsin dan metode An Nahdliyah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pembiasaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 128505203019 Nahdliya Aamila Salsabiila
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:36
Last Modified: 14 Nov 2022 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31495

Actions (login required)

View Item View Item