ALFI AMINATUL ZAHRO, 17201153513 (2022) UPAYA KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI DI SMKN 1 NGLEGOK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Kreativitas Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Di SMKN 1 Nglegok” ini ditulis oleh Alfi Aminatul Zahro, NIM: 17201153513, pembimbing Dr.Susanto,S.S.,M.Pd. Kata Kunci : Upaya Kreativitas Guru PAI, Motivasi Beajar. Sesuai dengan fakta yang ada bahwa situasi dan kondisi pandemi seperti saat ini mengharuskan pembelajaran melalui daring atau online. Namun pembelajaran secara online atau daring ini juga menghambat proses pembelajaran. Kegiatan aktivitas pembelajaran yang dilakukan secara online kunci suksesnya bergantung pada guru yang menggunakan aplikasi apapun dan bagaimana cara menyampaikan pembelajaran seperti apa yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Dari sini peneliti ingin menggali lebih dalam informasi tentang kreativitas guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi. Alasan peneliti memilih SMKN 1 Nglegok menjadi tempat penelitian karna merupakan sekolah yang unggul dalam bidang prestasi akademik maupun non-akademik pada jenjang sekolah tingkat atas di Kabupaten Blitar. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi di SMKN 1 Nglegok? (2) Apa saja faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi di SMKN 1 Nglegok?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi di SMKN 1 Nglegok, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi di SMKN 1 Nglegok Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di SMKN 1 Nglegok, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis non statistik atau analisis deskriptif kualitatif dan analisis data berdasarkan analisis interaktif, sebagaimana yang dikembangakan Miles dan Huherman. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Upaya kreativitas guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemi. Dari hasil observasi dan wawancara yang penelit lakukan diketahui bahwa kreativitas guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa meliputi: a) Guru harus dapat memodivikasi metode yang menarik, b) Guru harus bisa menciptakan sistem pembelajaran yang banyak mengarah ke independen, c) Guru dapat memberikan fleksiblitas dalam menyampaikan gagasan, d) Guru tetap mempertahankan pembelajaran seperti offline, e) Guru bisa menggunakan media online yang variatif, f) Guru menggunakan media pembelajaran vidio, g) Guru melakukan home visit, h) Guru bekerja sama dengan orangtua siswa dalam pembelajaran daring, (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah adanya keinginan siswa untuk mencapai cita-cita, minat siswa pada mata pelajaran, pembelajaran yang disajikan kreatif, adanya kompetisi antar siswa, adanya akses internet yang optimal, adanya penyemanagat untuk meraih prestasi. Fakror-faktor penghambat dalam meningkatakan motivasi belajar siswa adalah akses internet yang kurang stabil, kurangnya minat siswa pada materi yang disampaikan, siswa dituntut belajar mandiri alias tidak ada teman, kurangnya penyemanagat, dan lingkungan yang kurang mendukung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153513 Alfi Aminatul Zahro |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 07:25 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 07:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31519 |
Actions (login required)
View Item |