ANISA NURUL SANTY, 12405183339 (2022) PENERAPAN BAURAN PEMASARAN (MIX MARKETING) PADA PRODUK TEH ROSELLA CAP CANGKIR MAS DI CV. FATIMAH. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (816kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya persaingan bisnis industri makanan dan minuman yang ada di Indonesia. Hal ini mendorong CV Fatimah yang berada di Kabupaten Tulungagung menerapkan strategi bauran pemasaran dengan tujuan untuk meningkatkan omzet penjualan. Strategi bauran pemasaran yang digunakan CV Fatimah ini yaitu strategi bauran pemasaran 4P yang meliputi product, price, promotion, dan place, dalam meningkatkan omzet penjualan. Dalam usaha ini juga diterapkan manajemen perspektif Bisnis Syariah dalam pemasarannya untuk meningkatkan penjualan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan bauran pemasaran (mix marketing) pada produk Teh Rosella cap Cangkir Mas? 2. Bagaimana penerapan bauran pemasaran (mix marketing) CV Fatimah pada Teh Rosella Cap Cangkir Mas dalam perspektif Manajemen Bisnis Syariah? 3. Bagaimana segmentasi pemasaran CV Fatimah pada Teh Rosella Cap Cangkir Mas? Jenis penelitian adalah kualitatif dengan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, perpanjangan penelitian, dan pengecekan rekan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Bauran pemasaran pada produk Teh Rosella Cap Cangkir Mas di CV Fatimah pada aspek produk, dilakukan dengan memberikan merek, kemasan, izin, dan pembuatan yang menarik; pada aspek harga dilakukan dengan meninjau bahan, kondisi pasar serta kualitas produk yang dihasilkan; pada aspek promosi dengan penjualan online melalui media sosial dan marketplace, dan offline di toko atau gerai pengepul; pada aspek lokasi adalah dengan pemilihan tempat yang strategis dan mudah untuk dijangkau untuk meningkatkan penjualan produk. 2. Penerapannya bauran pemasaran dalam perspektif Manajemen Bisnis Syariah adalah dengan penerapan sikap kejujuran, prinsip keadilan, prinsip komunikatif serta prinsip fatanah atau cerdik sehingga penjualan produk ini menjadi meningkat, dan menumbuhkan kepercayaan terhadap pelanggan, rasa aman dan nyaman untuk keberlangsungan perusahaan ke depannya. 3. Segmentasi pemasaran pada Teh Rosella Cap Cangkir Mas di CV Fatimah tidak dilakukan dengan mendetail karena produk tersebut cocok dikonsumsi pada semua usia, elemen, dan kalangan masyarakat, hambatan yang terjadi adalah ketika produk yang dipasarkan tersebut model, foto produk, serta penetapan harga, sehingga upaya yang dilakukan perusahaan adalah dengan memberikan promo serta mengganti foto produk yang sesuai, meninjau ulang harga produk yang dipasarkan, dan pemilihan sasaran segmentasi yang tepat agar pelanggan bertambah, dan penjualannya bisa meningkat. Kata Kunci: bauran pemasaran, bisnis syariah, produk teh
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405183339 Anisa Nurul Santy |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 09:42 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 07:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31524 |
Actions (login required)
View Item |