IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRASI (KURIKULUM CAMBRIDGE DAN 2013) PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS VIII DI SMP IIS PSM GROGOL KEDIRI

M. ZAINAL FANANI, 12208183139 (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRASI (KURIKULUM CAMBRIDGE DAN 2013) PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS VIII DI SMP IIS PSM GROGOL KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum Integrasi (Kurikulum Cambridge dan 2013) pada Mata Pelajaran Sains Kelas VIII di SMP IIS PSM Grogol Kediri” ini ditulis oleh M. Zainal Fanani, NIM. 12208183139, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Implementasi, Integrasi kurikulum, Proses pembelajaran sains Perkembangan dunia IPTEK dan industri mengakibatkan manusia harus unggul dalam segala bidang. Pendidikan berstandart internasional di Indonesia yang menggintegrasikan kurikulum nasional dengan kurikulum internasional dianggap lebih mampu untuk mengikuti laju pertumbuhan dunia IPTEK dan industri yang mana dilengkapi dengan nilai-nilai islami. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah implementasi kurikulum integrasi (Kurikulum 2013 dan Cambridge) pada mata pelajaran sains di SMP IIS PSM Grogol Kediri. Penulisan skripsi ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum integrasi (kurikulum Cambridge dan 2013) pada mata pelajaran sains kelas VIII materi getaran, gelombang dan bunyi di SMP IIS PSM Grogol Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum integrasi (kurikulum Cambridge dan 2013) pada mata pelajaran sains kelas VIII materi getaran, gelombang dan bunyi di SMP IIS PSM Grogol Kediri. (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum integrasi (kurikulum Cambridge dan 2013) pada mata pelajaran sains kelas VIII materi getaran, gelombang dan bunyi di SMP IIS PSM Grogol Kediri. (4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum integrasi (kurikulum Cambridge dan 2013) pada mata pelajaran sains kelas VIII materi getaran, gelombang dan bunyi di SMP IIS PSM Grogol Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitaif deskriptif, cara pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Untuk menganalisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum integrasi di SMP IIS PSM Grogol Kediri mengacu pada kurikulum 2013 (nasional) yang dilengkapi/diperkaya dengan kurikulum Cambridge (internasional). Perangkat pembelajaran seperti silabus menggunakan silabus nasional. Sedangkan, guru membuat dua RPP yaitu nasional dan internasional. RPP nasional digunakan untuk persyaratan administrasi di Diknas dan RPP internasional digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan bahasa inggris dan buku panduan dari bahasa inggris.Ciri khas yang ditonjolkan lebih menekankan kepada pembelajaran abad ke-21, yaitu Active Learning, Student Center dan Tecnology Dislearning. Dalam proses pelaksanaannya, kepala sekolah berperan sebagai perencana awal dan supervisor, waka kurikulum berperan sebagai pembuat dan pengatur progam, dan guru berperan sebagai petugas lapangan membimbing siswa. (3) Evaluasi pembelajaran lebih menekankan kepada kemampuan berbahasa siswa. Sistem penilaian yang digunakan mengacu pada kurikulum 2013. (4) Faktor pendukung dalam penerapan kurikulum integrasi di SMP IIS PSM Grogol Kediri diantaranya; kebijakan Diknas, respon masyarakat sekitar dan wali murid, kemampuan berbahasa guru dan siswa, minat siswa, lingkungan belajar, keadaan sekolah, dan kelengkapan fasilitas sekolah. Sedangkan faktor penghambat adalah menyusun materi pembelajaran dan mencari atau menentukan sumber belajar yang digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183139 M. ZAINAL FANANI
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:27
Last Modified: 22 Dec 2022 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31544

Actions (login required)

View Item View Item