ANALISIS PENERAPAN METODE DEMOMSTRASI PADA PEMBELAJARAN TEKS BERITA KELAS VIII DI MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG

TASNEEM JEHMU, 12210173123 (2022) ANALISIS PENERAPAN METODE DEMOMSTRASI PADA PEMBELAJARAN TEKS BERITA KELAS VIII DI MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jehmu, Tasneem 2022 Analisis Penerapan Metode Demomstrasi Pada Pembelajaran Teks Berita Kelas VIII Di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Skripsi Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I Kata Kunci : Penerapan, metode demonstrasi, teks berita Pembelajaran menulis menjadi salah satu pembelajaran yang kurang diminati oleh siswa. Permasalahan yang sering dialami umumnya adalah kesulitan saat pembelajaran. Hal ini tentunnya menjadi problematika dalam pembelajaran menulis siswa. Demikian hal yang terjadi pada siswa kelas VIII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis khususnya teks berita. Maka diperlukan berbagai metode, teknik, strategi agar siswa dapat menulis teks berita. Guru bahasa Indonesia di MTs Al Ma’arif Tulungagung menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran menulis teks berita. Untuk itu, peneliti mengadakan penelitian tentang penerapan metode demonstrasi yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis teks berita. Penelitian ini memiliki tiga pertanyaan penelitian yaitu, 1) bagaimana perencanaan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran teks berita kelas VIII di MTs Al Ma’arif Tulungagung, 2) bagaimana pelaksanaan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaram teks berita kelas VIII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung, dan 3) bagaimana tindak lanjut penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran teks berita kelas VIII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran teks berita, untuk mendesksripsikan pelaksanaan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran teks berita kelas VIII di MTs Al Ma’arifTulungagung, dan untuk mendeskripsikan tindak lanjut penerapan metode demosntrasi pada pembelajaran teks berita kelas VIII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga teknik menganalisis data menurut model interaktif dari Miles dan Micheal Huberman yang terdiri dari 3 teknik kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pemeriksaan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) penerapan metode demonstrasi meliputi tiga langkah yaitu a) perencanaan pemakaian metode demonstrasi, b) Pelaksanaan pemakaian metode demonstrasi, dan c) tindakan lanjut pemakaian metode demonstrasi. Lang-langkah yang dilakukan guru dalam menerapkan metode demonstrasi pada pembelajaran teks berita di kelas VIII telah dilaksanakan secara keseluruhan dengan baik. Hasil Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran teks berita pada siswa kelas VIII dapat disimpulkan bahwa siswa merasa senang, santai dan mendaat pengalaman yang mendalam terkait materi yang telah didemonstrasikan guru. Siswa mendapat hasil yang baik dan memuaskan dan nilai tercapai di atas KKM yaitu di atas 78, rata-rata siswa menadapat nilai 80-90. Hal ini dapat dilihat pada hasil nilai siswa sesudah pemakaian metode demonstrasi pada nilai akhir 2 rata-rata nilai meningkat dibandingkan dengan nilai akhir sebelum penerapan metode demonstrasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173123 TASNEEM JEHMU
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:18
Last Modified: 28 Nov 2022 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31551

Actions (login required)

View Item View Item