INDRA TRI WAHYUDI, 17205163340 (2022) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER SOSIAL KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS MUHAMMADIYAH GEMAHARJO WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Sosial Keagamaan pada Peserta Didik di MI Plus Muhammadiyah Gemaharjo Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Indra Tri Wahyudi, NIM. 17205163340, dibimbing oleh Suwanto, M.S.I. Kata kunci: Strategi, Guru Aqidah Akhlak, Nilai-Nilai Karakter Sosial Keagamaan Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dengan Krisis akhlak disebabkan oleh tidak efektifnya pendidikan nilai dalam arti luas (di rumah, di sekolah, di luar rumah, dan sekolah). Karena itu, banyak komentar terhadap pelaksanaan pendidikan nilai yang dianggap belum mampu menyiapkan generasi muda bangsa menjadi warga negara yang lebih baik.. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial keagamaan tentang sikap tasamuh pada peserta didik di MI Plus Muhammadiyah Gemaharjo Watulimo Trenggalek? 2) Bagaimana strategi guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial keagamaan tentang sikap tawadu’ pada peserta didik di MI Plus Muhammadiyah Gemaharjo Watulimo Trenggalek? 3)Bagaimana strategi guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial keagamaan tentang sikap ta’awun pada peserta didik di MI Plus Muhammadiyah Gemaharjo Watulimo Trenggalek? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan, serta triangulasi. Hasil penelitian yakni : 1) Strategi guru aqidah akhlak dalam menanamkan sikap tasamuh pada peserta didik adalah membuat RPP, menggunakan metode antara lain : ceramah, keteladanan, tanya jawab, diskusi, menggunakan media visual dan audiovisual 2) Strategi guru aqidah akhlak dalam menanamkan sikap tawadu‟ pada peserta didik adalah guru membuat RPP, menggunakan metode antara lain : ceramah, keteladanan, hukuman, menggunakan media visual dan audiovisual, melalui kegiatan keagamaan antara lain : membaca surat surat pendek dan ayat kursi ketika sebelum memulai pelajaran, bersalaman kepada bapak/ibu guru ketika memasuki gerbang sekolah. 3) Strategi guru aqidah akhlak dalam menanamkan sikap ta‟awun pada peserta didik adalah guru membuat RPP, menggunakan metode antara lain : ceramah, motivasi, hukuman. Menggunakan media visual dan audiovisual, kegiatan di dalam dan di luar kelas antara lain : membantu teman ketika kesulitan dalam menyelesaikan tugas sekolah, menolong temannya ketika mendapat musibah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163340 INDRA TRI WAHYUDI |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 04:07 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 04:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31608 |
Actions (login required)
View Item |