FUAD HERMANSYAH, 3211113075 (2016) PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI I BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014-2015. [ Skripsi ]
Text
Bagian Awal.pdf Download (601kB) |
||
|
Text
Skripsi BAB I-V...pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Sumber Belajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015” ini di tulis oleh Fuad Hermansyah, NIM. 3211113075 pembimbing Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa menganggap pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kurang penting bagi mereka atau bisa dikatakan bahwa siswa menyepelekan pelajaran PAI di karenakan pelajaran ini tidak masuk dalam pelajaran sekolah yang di UNAS-kan. Dalam hal ini peneliti akan melihat bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penggunaan sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung? (2) Faktor-faktor apa yang menghambat penggunaan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana solusi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan sumber belajar oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala SMKN 1 Bandung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran khususnya mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI), bagi para guru PAI SMKN 1 Bandung digunakan sebagai dasar acuan pembelajaran PAI. Bagi siswa SMKN 1 Bandung sebagai bahan kajian untuk meningkatkan prestasi dan kemampuan berlajar khususnya dalam hal pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penggunaan sumber belajar oleh guru pendidikan agama Islam dalam hal meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung yang digunakan sebagai data penelitian. Sedangkan metode dokumentasi dan interview digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen SMKN 1 Bandung Tulungagung. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung (2) Faktor-faktor yang menghambat penggunaan sumber belajar adalah jumlah siswa terlalu banyak, fasilitas prasarana yang kurang (3) Solusi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung dengan cara mengeraskan suara dalam mengajar, memanfaatkan sarana yang ada secara maksimal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 3211113075 FUAD HERMANSYAH |
Date Deposited: | 06 Jan 2016 07:56 |
Last Modified: | 06 Jan 2016 07:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3162 |
Actions (login required)
View Item |