Maula Alimuddin, 3214113107 (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (541kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Download (615kB) |
||
|
Text
Bab V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Cover dalam.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (217kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran SAVI Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Maula Alimuddin, NIM. 3214113107, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Metode Pembelajaran SAVI, Motivasi, dan Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian True Experimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 320 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Simple Random Sampling, dengan kelas VII G sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII H sebagai kelompok kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data: 1) Angket; 2) wawancara; 3) Observasi; 4) Tes; 5). Dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes berupa post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji MANOVA Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran SAVI terhadap motivasi dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dangan rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 113,16, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 108,50. Hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 2,127 dengan signifikansi 0,048. Sedangkan, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 78,62 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 66,62. Hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 2,679 dengan signifikansi 0,04.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ali Amaterasu |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 01:52 |
Last Modified: | 07 Jan 2016 01:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3167 |
Actions (login required)
View Item |