PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH DI KELAS X MADRASAH ALIYAH MA’ARIF UDANAWU BLITAR TAHUN 2021-2022

LAYLA HIDAYATU SANAH, 12201183304 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH DI KELAS X MADRASAH ALIYAH MA’ARIF UDANAWU BLITAR TAHUN 2021-2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (862kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (969kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Fikih Di Kelas X di Ma’arif Udanawu Blitar Tahun 2021-2022” ini ditulis oleh Layla Hidayatu Sanah, NIM 12201183304, Jurusan Pendidikan Agama Isalam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) , UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Nuryani, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci: Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil belajar, Fiqih Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ditemukannya minat belajar siswa terhadap pelajaran fikih. Pembelajaran fikih dalam kurikulum Madrasah Aliyah merupakan salah satu bagian mata pelajaran yang sangat diarahkan untuk menyiapkan peserta didik agar mmpu mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan hukum islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan hidup. Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan pembelajaran melalui kelompok kecil yang saling bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar yang mendorong siswa untuk belajar bersama dalam kelompok kecil yang heterogen untuk menyelesaikan tugas-tugas pemmbelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar fikih siswa di kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar?, (2) Seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar fikih siswa di kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar fikih siswa di kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar fikih siswa kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta di kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 MA Ma’arif Udanawu Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji coba instrumen meliputi uji validitas dan reabilitas, dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar fikih kelas X di MA Ma;arif Udanawu Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan thitung >t ttabel atau 2,626 > 1,999 dengan taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan. (2) Besar pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar fikih di kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar tahun sebesar 0,716504 menurut Cohen’s tergolong kriteria sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183304 LAYLA HIDAYATU SANAH
Date Deposited: 14 Dec 2022 08:44
Last Modified: 14 Dec 2022 08:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31754

Actions (login required)

View Item View Item