MUHAMMAD SYAMSU DHUHA, 1721143290 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU TERPUJI SISWA DI SMP MA’ARIF NU GARUM BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Perilaku Terpuji Siswa di SMP Ma’arif NU Garum Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Syamsu Dhuha, NIM. 1721143290, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Suwanto, M.S.I Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Perilaku Terpuji Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswa yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan, seperti tawuran antar pelajar, pergaulan bebas dikalangan remaja, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya dari permasalahan tersebut para guru khususnya guru pendidikan agama Islam memiliki tugas dan peran untuk meningkatkan perilaku terpuji siswa. Dalam hal ini peneliti membahas terkait peran guru PAI dalam meningkatkan perilaku terpuji siswa di SMP Ma‟arif NU Garum Blitar. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningakatkan Perilaku Ta’awun Siswa di SMP Ma‟arif NU Garum Blitar? (2) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningakatkan Perilaku Tasamuh Siswa di SMP Ma‟arif NU Garum Blitar? (3) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningakatkan Perilaku Jujur Siswa di SMP Ma‟arif NU Garum Blitar?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran Guru PAI dalam meningkatkan perilaku ta’awun siswa di SMP Ma‟arif NU Garum adalah (a) memaksimalkan fungsi mata pelajaran PAI, (b) materi Ukhuwah Islamiyah dijadikan sebagai dasar perilaku ta’awun, (c) menggunakan pembelajaran kelompok, (d) guru PAI sebagai motivator. (2) Peran Guru PAI dalam meningkatkan perilaku tasamuh siswa di SMP Ma‟arif NU Garum adalah (a) guru PAI menjadi suri tauladan, (b) menggunakan metode ceramah dan diskusi, (c) menerapkan pembiasaan 5S. (3) Peran Guru PAI dalam meningkatkan perilaku jujur siswa di SMP Ma‟arif NU Garum adalah (a) memanfaatkan pembiasaan kantin kejujuran, (b) menerapkan sholat dhuha berjamaah dengan diabsen (c) memberikan reward (hadiah) dan punishment (hukuman).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Guru Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SKRIPSI 1721143290 MUHAMMAD SYAMSU DHUHA |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 02:13 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 02:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31769 |
Actions (login required)
View Item |