STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN FIQIH DI MTS DARUSSALAM ARYOJEDING TULUNGAGUNG

MEY MUFIDAH, 12201183031 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN FIQIH DI MTS DARUSSALAM ARYOJEDING TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqih Di MTs Darussalam Aryojeding Tulungagung” ini ditulis oleh MEY MUFIDAH, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 12201183031 Tahun 2022 dibimbing oleh Annas Ribab Sibilana M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Guru, Mutu Pembelajaran, Fiqih Strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran fiqih di MTs Darussalam Aryojeding. Peningkatan mutu suatu pembelajaran harus didukung oleh berbagai pihak yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan Pendidikan yang memerlukan unsur-unsur untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru mempunyai pengaruh besar dalam peningkatan mutu pembelajaran ini. Tentunya seorang guru memerlukan sebuah strategi yang tepat dalam meningkatan mutu pembelajaran terutama dalam pembelajaran fiqih agar mutu pembelajaran fiqih mengalami peningkatan secara kualitas dan pada akhirnya akan memudahkan peserta didik dalam memahami, mendalami dan mendemonstrtasikan dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan Masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam memilih sumber belajar pembelajaran fiqih di MTs Darussalam Aryojeding (2) Bagaimana strategi guru dalam memilih media pembelajaran fiqih di MTs Darussalam Aryojeding (3) Bagaimana strategi guru dalam memilih metode pembelajaran di MTs Darussalam Aryojeding Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis strategi guru dalam memilih sumber belajar pembelajaran fiqih di MTs Darussalam Aryojeding (2) Untuk mengetahui dan menganalisis strategi guru dalam memilih media pembelajaran fiqih di MTs Darussalam Aryojeding (3) Untuk mengetahui dan menganalisis strategi guru dalam memilih metode pembelajaran fiqih di MTs Darussalam Aryojeding Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi: Ketekunan atau keajegan pengamatan, Triangulasi, dan Pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi Guru Dalam Memilih Sumber Belajar Pembelajaran Fiqih di MTs Darussalam Aryojeding Tulungagung adalah dengan menggunakan buku atau berupa LKS yang diberikan kepada peserta didik. Serta dengan menjadikan guru sebagai sosok penting dalam peningkatan mutu pembelajaran fiqih sebagai sosok percontohan serta sumber belajar utama untuk peserta didik (2) Strategi Guru Dalam Memilih Media Pembelajaran Fiqih di MTs Darussalam Aryojeding Tulungagung adalah dengan mendesain pembelajaran menjadi sebuah lagu, media yang digunakan adalah media visual yaitu dengan menunjukkan gambar-gambar kepada siswa sehingga siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran, melakukan evaluasi dengan tes tulis dan lisan yang berkaitan dengan materi Fiqih yang telah didesain menjadi sebuah lagu tersebut. (3) Strategi Guru Dalam Memilih Metode Pembelajaran Fiqih di MTs Darussalam Aryojeding Tulungagung adalah menggunakan strategi ekpositori, yaitu strategi pembelajaran yang menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari pendidik kepada sekelompok peserta didik. Serta guru menggunakan media pembelajaran untuk menunjang proses belajar peserta didik, seperti media visual yaitu gambar,papan tulis dan alat peraga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183031 MEY MUFIDAH
Date Deposited: 16 Dec 2022 07:31
Last Modified: 16 Dec 2022 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31781

Actions (login required)

View Item View Item