PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT

FIDA IKROMATUL MABRUROH, 12204183255 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (743kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 2 Tulungagung pada materi bangun datar segiempat ini ditulis oleh Fida Ikromatul Mabruroh, NIM 12204183255, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Nadya Alvi Rahma M.Si Kata Kunci : Model Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS), Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor diantaranya keadaan dilapangan menunjukkan masih adanya kendala dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya minat belajar peserta didik yang dibuktikan dengan kurangnya partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, keterlambatan peserta didik dalam mengumpulkan tugas dan kurangnya perhatian peserta didik selama kegiatan belajar berlangsung. Hal ini yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran ini memberikan pendekatan yang sistematis dan komprehensif untuk meningkatkan daya tarik pembelajaran yang bersifat memotivasi, sehingga akan berpengaruh pada minat dan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) terhadap minat belajar peserta didik kelas VII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung pada materi bangun datar segiempat. (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung pada materi bangun datar segiempat . (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung pada materi bangun datar segiempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t untuk menguji hipotesis 1 dan 2, dan uji MANOVA untuk menguji hipotesis 3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) terhadap minat belajar peserta didik kelas VII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung pada materi bangun datar segiempat. (2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung pada materi bangun datar segiempat. (3) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung pada materi bangun datar segiempat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183255 FIDA IKROMATUL MABRUROH
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:17
Last Modified: 19 Dec 2022 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31786

Actions (login required)

View Item View Item