ANALISIS ASPEK KOGNITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI LOKUS KENDALI SISWA KELAS VII MTSN 3 BLITAR

ANIS NURLAILA YUNISA, 12204183179 (2022) ANALISIS ASPEK KOGNITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI LOKUS KENDALI SISWA KELAS VII MTSN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (546kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Aspek Kognitif dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Himpunan Ditinjau dari Lokus Kendali Siswa Kelas VII MTsN 3 Blitar” ini ditulis oleh Anis Nurlaila Yunisa, NIM. 12204183179, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Aspek Kognitif, Pemecahan Masalah Matematika, Lokus Kendali, Himpunan Siswa dalam memecahkan masalah matematika khususnya materi himpunan dalam bentuk soal-soal pemecahan masalah, sebagian mengalami kesulitan dalam memahami dan mengidentifikasi masalah yang diberikan. Siswa juga terkadang merasa kebingungan dalam merencanakan langkah-langkah untuk menyelesaikannya, hal ini didasari dari aspek kognitif dalam diri siswa belum terasah serta penjelasan guru yang ada di sekolah masih menggunakan sistem pembelajaran satu arah. Berdasarkan kasus tersebut, aspek kognitif yang dimiliki siswa sangat berpengaruh pada pengembangan pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki siswa dalam memecahkan masalah matematika yang erat kaitannya dengan pengendalian pada diri siswa, baik pengendalian diri yang bersifat internal maupun eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek kognitif siswa kelas VII MTsN 3 Blitar dalam pemecahan masalah matematika pada materi himpunan yang ditinjau dari lokus kendali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini terdapat pada kelas VII-C MTsN 3 Blitar dengan jumlah 32 siswa, yang terdiri dari 4 subjek penelitian dengan pembagian 2 siswa lokus kendali intermal dan eksternal. Pengambilan subjek ini diperoleh dari hasil analisis dan pemilihan pengerjaan angket lokus kendali. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes tulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan pada penelitian ini menggunakan teknik keajegan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aspek kognitif siswa dengan lokus kendali internal dalam pemecahan masalah matematika pada materi himpunan, memenuhi semua indikator aspek kognitif yang meliputi pengetahuan, pemahaman, penerapan, dan analisis. (2) Aspek kognitif siswa dengan lokus kendali eksternal dalam pemecahan masalah matematika pada materi himpunan, hanya mampu memenuhi 3 indikator aspek kognitif yang meliputi pengetahuan, pemahaman, dan analisis, serta tidak mampu memenuhi aspek kognitif penerapan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Matematika > Himpunan
Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183179 ANIS NURLAILA YUNISA
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:28
Last Modified: 19 Dec 2022 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31790

Actions (login required)

View Item View Item