IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH PLUS KETERAMPILAN AL MA'ARIF TULUNGAGUNG

KHALIT SAYPULLAH, 12201183346 (2022) IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH PLUS KETERAMPILAN AL MA'ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Implementasi E-learning dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Pada Masa Pandemi COVID - 19 Di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Ma’arif Tulungagung” yang ditulis oleh Khalit Saypullah, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing Ibu Dr. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Implementasi, Pemanfaatan, Strategi, E-learning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh langkah strategis dalam upaya pembelajaran daring untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Pada Masa Pandemi COVID -19 Di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Ma’arif Tulungagung. Adapun rumusan masalah penelitiannya adalah (1)Mengapa pemanfaatan E-learning dilakukan pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Pada Masa Pandemi COVID -19 Di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Ma’arif Tulungagung?, (2)Bagaimana Strategi Guru dalam E-learning untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Pada Masa Pandemi COVID -19 Di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Ma’arif Tulungagung ?, (3) Faktor-faktor apa saja yang pendukung dan penghambat E-learning dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Pada Masa Pandemi COVID -19 Di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Ma’arif Tulungagung?.Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui bentuk pemanfaatan E-learning Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Pada Masa Pandemi COVID -19 Di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Ma’arif Tulungagung, (2) untuk mendeskripsikan Strategi Guru dalam E-learning untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Pada Masa Pandemi COVID -19 Di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Ma’arif Tulungagung, (3) Untuk menjabarkan Faktor-faktor yang pendukung dan penghambat E-learning dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Pada Masa Pandemi COVID -19 Di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Ma’arif Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini kehadiran peneliti menjadi instrument utama pencari data. Lokasi penelitian berada di MA Plus Keterampilan Al Ma’arif Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Selanjutnya tahap penelitian yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Hasil penelitian ini mengungkapkan: (1) Pemanfaatan meliputi e-learning sebagai solusi pembelajaran daring dan pemanfaatan fitur e-learning (2) Strategi yang digunakan adalah program pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran (3) faktor-faktor yang mendukung adalah fitur lengkap e-leraning, suasana belajar baru, dan faktor yang menghambat adalah jaringan internet yang besar, minimnya persiapan, keterbatasan jangkauan guru terhadap murid, tidak semua materi dan soal bisa diinput, kecepatan akses, dan pemahaman penggunaan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183346 KHALIT SAYPULLAH
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:09
Last Modified: 20 Dec 2022 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31805

Actions (login required)

View Item View Item