AHMAD HATA, 12506194003 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SECARA DARING (Studi Multi Kasus di SMPN 1 Tugu dan MTs Qomarul Hidayah Tugu). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Model Daring (Studi Multi Kasus di SMPN 1 Tugu dan MTs Qomarul Hidayah Tugu)” yang ditulis oleh Ahmad Hatta dengan dibimbing: Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I, dan Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag Kata Kunci: Strategi Guru, Kemandirian Belajar, Model Daring Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh kemandirian pada siswa di era pandemi covid 19 ini, karena dalam pembelajaran daring belum sepenuhnya bisa diterima oleh siswa terkendala dengan sinyal yang kurang bagus. Namun guru selalu berusaha untuk melakukan inovasi pembelajaran, agar pembelajaran daring dapat diterima oleh siswa dengan baik. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar di SMPN 1 Tugu dan MTs Qomarul Hidayah Tugu? 2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan ketrampilan belajar di SMPN 1 Tugu dan MTs Qomarul Hidayah Tugu? 3) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan refleksi belajar di SMPN 1 Tugu dan MTs Qomarul Hidayah Tugu? Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan studi multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: 1). wawancara, (2). observasi, (3). dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut dianalisis dari kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Pada saat pengumpulan data, data yang telah diperoleh diuji dengan menggunakan metode triangulasi dan ketekunan pengamatan dan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar di SMPN 1 Tugu dan MTs Qomarul Hidayah Tugu dilakukan dengan proses pelaksanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan berkaitan dengan kehidupan dan menyangkut aktivitas yang dilaksanakan siswa, sehingga siswa diharapkan dapat menggali materi tersebut berdasarkan inisiatif dan kreativitasnya dan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan dan Islami di sini lebih ditunjang dalam hal ke sarana atau fasilitas dari sekolah pada siswa. Selain itu strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa agar bisa menyelesaikan yang baru dengan beserta contohnya dilakukan guru dengan menggunakan metode diskusi. Guru membentuk seluruh siswa menjadi 8 kelompok yang mana setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa. Setelah pembagian kelompok, siswa diarahkan oleh guru untuk bersama anggotanya masing-masing dan guru mengarahakan siswanya untuk membuat kelompok untuk mendiskusikan topik pembahasan. Setelah kelompok telah terbagi, kemudian guru meminta siswa membaca baik-baik petunjuk melakukan diskusi. Penggunaan metode diskusi ini membuat pikiran siswa lebih berkembang dan berkreativitas, dalam metode ini siswa sama sekali tidak dibatasi dalam mengungkapkan gagasan dan pikirannya sehingga siswa mampu untuk menghasilkan ide dan gagasan baru. 2) Strategi guru dalam meningkatkan ketrampilan belajar di SMPN 1 Tugu dan MTs Qomarul Hidayah Tugu dilakukan dengan menggunakan metode demonstrasi dalam penyajiannya di kelas, utamanya dalam proses belajar mengajar harus terencana yang tersusun dalam bentuk program persiapan yaitu mempersiapkan materi pembelajaran, merumuskan tujuan yang hendak dicapai, mempersiapkan alat-alat atau media yang diperlukan, mengatur tempat dan memperkirakan waktu yang akan dipergunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Selain itu Strategi guru dalam meningkatkan ketrampilan belajar yang dilakukan dengan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran PAI meliputi persiapan pembelajaran, penyajian materi, kegiatan belajar kelompok, pemeriksaan terhadap hasil kerja kelompok, siswa mengerjakan soal-soal tes secara individual, pemeriksaan hasil tes dan penghargaan kelompok. 3) Strategi guru dalam meningkatkan refleksi belajar di SMPN 1 Tugu dan MTs Qomarul Hidayah Tugu yang dilakukan dapat membantu siswa memahami materi berdasarkan pengalaman yang dimiliki sehingga mereka memiliki kemampuan menganalisis pengalaman pribadi dalam menjelaskan materi yang dipelajari. Proses belajar yang mendasarkan pada pengalaman sendiri akan mengeksplorasi kemampuan siswa untuk memahami peristiwa atau fenomena. Strategi pembelajaran dalam meningkatkan reflektif belajar siswa adalah guru membantu siswa memahami materi berdasarkan pengalaman yang dimiliki sehingga mereka memiliki kemampuan menganalisis pengalaman pribadi dalam menjelaskan materi yang dipelajari, sehingga motivasi belajarnya dapat meningkat. Selain itu strategi guru dalam meningkatkan refleksi belajar dengan pelaksanaan pembelajaran Numbered Heads Together dalam menyelesaikan masalah yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506194003 AHMAD HATA |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 04:14 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 04:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31846 |
Actions (login required)
View Item |