KOTIMAH, 12201183456 (2022) PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM RANGKA MEMBENTUK AKHLAK TERPUJI PESERTA DIDIK PADA MASA PUBERTAS DI MTs SYEKH SUBAKIR 1 NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (975kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (614kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (699kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Rangka Membentuk Akhlak Terpuji Peserta Didik Pada Masa Pubertas Di MTs Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar.” Ini ditulis oleh Kotimah, NIM. 12201183456, pembimbing Dr. Hj. Luluk ‘Atirotu Zahroh, S, Ag., M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Akhlak Terpuji, Masa Pubertas. Pendidikan merupakan wahana pengembangan keadaan manusia dari yang tidak baik menjadi baik, dari yang sederhana menjadi modern, dari yang rendah menjadi tinggi. Pendidikan akhlak adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk menanamkan nilai ataupun norma tentang budi pekerti, sehingga manusia dapat memahami dan mengerti serta mengamalkan norma-norma tentang budi pekerti itu sendiri. Pubertas dalam Islam disebut dengan istilah baligh. Pada usia sekolah, masa pubertas ini masuk pada jenjang pendidikan menengah pertama. Sekolah menengah mempunyai peranan penting dalam memberikan dasar-dasar bagi pengembangan manusia unggul, bermoral dan pekerja keras, demi menjawab tantangan zaman. Tempat penelitian ini berlokasi di MTs Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar. Peneliti menjadikan pembelajaran akidah akhlak sebagai objek penelitian, dimana pembelajaran akidah akhlak memiliki perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam proses membentuk akhlak terpuji peserta didik pada masa pubertas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keadaan akhlak peserta didik dan bagaimana proses pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik pada masa pubertas di MTs Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar. Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti ini adalah jenis pendekatan kualitatif. Lokasi yang digunakan untuk penelitian ini terletak di MTs Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian akan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Selanjutnya pengolahan data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam pembelajaran Akidah Akhlak guru disarankan untuk memiliki RPP dan menggunakan pendekatan individual serta pendekatan kelompok, sekolah juga mempersiapkan sarana prasarana yang mendukung keberlangsungan proses pembentukan akhlak, guru juga memberikan pengarahan dan pembiasaan yang baik kepada anak didik. Dalam pelaksanaan pembentukan akhlak terpuji peserta didik guru menggunakan beberapa metode, diantaranya metode uswatun hasanah, pembiasaan, dan nasehat. Guru memberikan pendampingan terhadap peserta didik dari kegiatan pagi hingga anak-anak pulang. Guru juga lebih menekankan pada peserta didik pada praktik, jadi teori dan praktik itu harus seimbang. Guru menganalisis pembiasaan dan program apa saja yang masih kurang atau yang perlu ditingkatkan lagi dalam proses pembentukan akhlak. Guru juga mengadakan evaluasi berupa rapat rutin.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183456 KOTIMAH |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 02:50 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 02:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31879 |
Actions (login required)
View Item |